Dok saya mau tanya, kemarin ayah saya (2 Hari yang lalu) memeriksakan dirinya kedokter spesialis Jantung karena merasa sakit seperti tertusuk pada dada bagian kiri, dan dokter tersebut memang membenarkan adanya gangguan jantung, lalu diberi resep didalamnya ada analsik yang hanya diminum saat merasakan nyeri celakanya dokter tersebut tidak menjelaskan maksimum yang boleh dikonsumsi atau jeda pemakaian… karena ayah dan ibu saya awam soal obat”n maka ayah saya selalu meminumnya ketika muncul rasa sakit… sehari bahkan bisa sampai 7 butir.. wal hasil ayah saya jadi sering tertidur dan mual”.. setelah saya browsing” diinternet ternyata itu adalah efek samping obat dan maksimum konsumsi 3-4 butir/hari… lalu bagaimana sebaiknya yg saya lakukan, apakah sebaiknya tidak memberikan analsik lagi untuk beberapa waktu kedepan… atau memeberikan sesuai dosis??

Jawaban Dokter :

Selamat siang, Sobat.

Kondisi hamil itu disebabkan oleh karena adanya pembuahan sel telur dengan sperma. Adanya proses pembuahan ini adalah karena sel telur bertemu dengan sperma di dalam rahim. Adanya pertemuan ini dimungkinkan karena penetrasi penis ke dalam vagina yang diikuti pengeluaran sperma/ejakulasi di dalam vagina. Kondisi inilah yang umum disebut sebagai hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan.

Pilihan aborsi untuk kehamilan sangat tidak dianjurkan kecuali memang ada sebuah kondisi medis yang benar-benar membahayakan nyawa sang ibu. Hal ini dikarenakan tindakan aborsi juga bukannya tidak berisiko. Jadi saran saya adalah mohon teman Sobat mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan sekaligus didiskusikan secara kekeluargaan bersama dengan keluarga terkait untuk mendapatkan solusi terbaik.

Semoga jawaban ini membantu =]