sya sudah menikah. sya memiliki masalah keputihan sejak remaja. namun setelah hamil anak pertama, sya sdh mengalami keputihan hingga infeksi (bibir vagina bengkak,merah,panas,gatal) sudah 3x ini. pertama saat sya hamil 2009 lalu. kedua mei 2012.ketiga februari 2013 kmarin. stiap kali ke dokter, keputihan sya tdk pernah benar2 berhenti. februari kemarin sya ke dokter lg dan langsung dberikan metronidazol dan itraconazole.dan dokter memberikan surat pengantar utk tes sekret vagina yg diambil dari fornix posterior saat sya bertanya bagaimana jika keputihan sya msh ada stlh obat habis. karena sya panik krn keputihan msh saja kluar dan terasa panas jd sya melakukan tes sekret sblm obat hbs (bakteri gram negatif positif, jamur positif, ada hifa) namun sya blm konsultasi lg ke dokter krn sya menstruasi. skg keputihan sya msh kluar berwarna krem kekuningan kadang jg bening meski tdk terasa gatal atau panas. sya bermaksud utk tes sekret vagina lg utk memastikan penyebab keputihan sya yg msh blm berhenti. pertanyaan sya:
1. tepatkah langkah yg sya lakukan dgn melakukam tes sekret lg sblm konsultasi ke dokter lg?
2. perlukah sekret diambil dari fornix posterior lg?
3. apkah sekret yg diambil dr fornix posterior bisa lebih akurat dbandingkan sekret yg diambil d bagian luar/sekitar lubang vagina?
4. kpn tes kultur vagina sya lakukan mengingat setiap kali ke dokter, mereka jrang sekali menyuruh utk tes lab baik sekret apalagi kultur
sya sangat menantikan jawabn dokter….. terimakasih

Jawaban Dokter :

Siang sobat !
nyeri kepala hebat bisa berasal dari trauka kepala lama, maupun benjolan yang tumbuh di kulit kepala atau tulang tengkorak. Untuk saat ini cukup minum obat sakit kepala yang bisa dibeli bebas. Bila sakit kepala tidak berkurang dan semakin parah segera periksakan ke dokter. Atau bila benjolan di kanan bawah semakin besar juga segera periksakan diri ke dokter.