mlm dok, ayah saya umur 54 th menderita batuk lama, setelah saya bawa ke RSUD dan dironsen ternyata terkena efusi pleura dextra, periksa lab BTA(-), di poli paru katanya gak perlu diambil cairannya dan diberi obat codein, rhinofed, dan lavoxacin ( maaf kl salah tulis), smp di rumah saya minumkan obatnya, ternyata efeknya kq malah ayah saya sesak nafas dan nyeri di dada kanan, trus saya bawa ke puskesmas terdekat, setelah di oksigen dan di uap, disuruh melanjutkan minum obat dr RS, benar memang batuk agak mereda tp sesak nafas tetap dan efeknya badan ayah saya jadi panas setelah minum obat, sekarang obat sudah habis namun batuk kembali kumat lagi. Yang ingin saya tanyakan :
1. apakah ada alternatif obat lain dok yg bisa sy beli di apotek tanpa resep??
2. badan ayah saya makin kurus, makanan apa yg boleh/tidak boleh dikonsumsi?
3. sebagai obat sementara sy belikan Allerin dan suplemen vitamin saja, namun hasilnya jg belum ada, jujur aja saya agak kesulitan biaya untuk RS lagi
terima kasih mohon pencerahannya

Jawaban Dokter :

Serangan jantung tentunya pasti bergejala seperti nyeri di dada kiri, menjalar dan sebagainya. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah, tidak semua nyeri dada adalah penyakit jantung, beberapa penyakit lain juga memiliki gejala serupa misalya saja sakit maag. Saran saya: jika memang sobat memiliki sakit tersebut, coba periksakan ke dokter saja agar lebih jelas dan dapat diperiksa langsung, dan jika memang terbukti bukan penyakit jantung tentunya sobat akan lebih tenang juga.