Dok,,saya Frandhica usia 23 th,,kesibukan sehari-hari mengajar,,,setelah saya rontgen, USG, cek darah, urine dan endoscopy saya di diagnosa mengidap penyakit Hiatal Hernia & Gastritis superficial,,bulan pertama saya dikasih obat: Domperidone, Omeprazole, dan Sanmag…gejala lumayan membaik sudah tidak pernah muntah2,,tpi sendawa dan nyeri ulu hati masih tetep,,bulan kedua untuk Sanmag diganti dengan ULSIDEX, domperidone dan omeprazole tetap…gejala lumayan berkurang nyeri ulu hati udah gak berasa,tinggal kembung dan sendawa..
nah,,masuk bulan ke-3 kok semua gejala itu muncul kembali (pusing, mual, muntah2, keringat dingin, sendawa, perut kembung) yg saya mau tanyakan:
1. Apakah ada kemungkinan Hiatal hernia ini semakin parah?
2. Apakah bisa menyembuhkan hiatal hernia dg obat2 itu? mengingat sama dokter saya suruh melanjutkan sampai 6 bulan.
3. Adakah obat yg harus saya konsumsi selain obat itu? (mengingat dokter yg menangani saya selalu berganti2)
4. Apakah betul Hiatal hernia tidak bisa sembuh bila tidak di operasi?
5. Apa efek pasca operasi nantinya?

Sementara itu dulu dok,,sebenarnya masih bnyak yg saya tanyakan,,,mohon dijawab ya dok..Terima Kasih

Jawaban Dokter :

Selamat sore sobat. Apakah masi bisa menimbulkan kehamilan, ya jawabannya bisa-bisa saja, namum seberapa besar kemungkinannya, merurut saya tidak seberapa besar. Kehamilan terjadi karena pembuahan ovum (sel telur) oleh sperma, sperma yang memang ditempelkan ke celana pada kasus sobat masih terdapat beberapa lapisan seperti celana dalam, pakaian dan juga lapisan vagina itu sendiri yang kondisinya asam dan dapat membunuh sperma. Saran saya, jika memang telat coba langsung periksakan ke dokter.