Mohon diagnosanya ya dok, begini, selama 3 hari ini saya merasakan susah buang air besar (BAB). Kalaupun BAB, hanya keluar sedikit (tidak sampai setengah gelas aqua). Perut saya bagian tengah (ulu hati), terasa kembung, pada hari pertama. Pada hari kedua, perasan kembung dan tidak nyaman itu, pindah ke perut bagian kanan, pada hari ketiga pindah ke kanan bawah.

Yang saya ingat, sebelum kejadian tersebut, saya meminum teh dingin, sekitar jam 8 pagi. Saya belum minum air putih, atau makan apapun juga sebelumnya. Perut dalam keadaan kosong. Kemudian di siang harinya, perut saya terasa sedikit kembung. Sore harinya saya sempat kehujanan sedikit, dan terkena angin malam. Malam hari saat saya tidur, saya merasa sangat tidak nyaman, sering terbangun. Karena merasa perut saya sakit, seperti ingin BAB, tapi tidak melilit, dan tidak keluar apa apa. Setelah itu saya coba makan, subuh-subuh, kemudian minum obat DOGMATIL 50MG, perut saya terasa baikan, dan saya bisa tidur nyenyak.

Esok harinya saya merasa sangat lemas, dan kurang mood melakukan apapun. Hanya ingin berbaring saja. Saya sudah coba obat MYLANTA, tapi tidak ada perubahan apapun. Obat RANTIN 150MG (sehari 2x, sudah 2 hari saya minum), juga tidak memberikan perubahan apapun. Saya hanya merasa sedikit lebih baik daripada hari pertama, mood saya kembali, tapi terkadang perasaan tidak nyaman itu kembali muncul di perut saya.

Sekitar 2 bulan lalu, saya pernah jatuh dari tangga, dan membentur tulang punggung dan tulang ekor saya. Tapi saat tulang-tulang tersebut dipijat, tidak terasa sakit. Sakit pada tulang ekor bagian dalam, hanya saya rasakan pada waktu melompat. Sakit pada punggung tidak terasa sama sekali.

Nah, saat perut saya mengalami masalah sekarang ini, jika saya memukul pelan, seperti mengetuk pintu, bagian dalam tubuh saya terasa sakit. Bagian yang saya ketuk itu, terletak di punggung sejajar dengan siku tangan. Menurut teman saya, itu adalah tempat ginjal kanan. Posisinya sejajar dengan ULU HATI, tapi di bagian belakang tubuh.

Saya mengira ini adalah gejala usus buntu, tapi saat saya coba angkat kaki kanan saya sambil menekan perut saya, saya tidak merasa sakit yang berarti, hanya perasaan tidak nyaman saja. Sama seperti perut kembung biasa, dan ditekan.

Kencing saya normal, tidak berwarna merah, tidak keruh, tidak susah, stabil. Saya minum 2 liter lebih air dalam sehari. Umur saya 34 tahun, tinggi 170, berat 70kg. Saya banyak makan sayur dan jarang makan daging.

Saya tidak merasakan adanya sakit kepala, pusing pusing, mual, muntah. Namun pada hari pertama itu saya sempat merasa kurang nafsu makan pada pagi harinya. Pada siang dan malam harinya, hingga sekarang, nafsu makan saya sama seperti biasa, normal. Tidur pun sudah biasa, meskipun masih merasakan ada sedikit ketidak-nyamanan pada perut, tapi tidak seperti hari pertama.

Saya bingung Dok, penyakit apakah yang saya derita? Jika orang biasa melihat, saya seperti normal, tidak terlihat sakit, tidak terlihat pucat dan lesu.

Mohon diagnosanya Dok, Terima Kasih Banyak.
God Bless.

Jawaban Dokter :

sebaiknya CDR nya jangan dikonsumsi dahulu ya sobat. Terima kasih