halo dokter..!
perkenalkan nama saya anto..
begini dokter, sekitar 2,5 tahun yang lalu, saya melakukan hubungan sex dengan seorang psk. tapi saya menggunakan kondom.
kemudian kemarin setelah saya iseng browsing2 di internet. ternyata yang tertular virus HIV itu, penyakitnya dapat muncul setelah 5-10 tahun kemudian.
nah saya jadi takut dan kembali mengingat 2 tahun yang lalu.
saya memang tidak memiliki gejala-gejala setelah tertular seperti yang saya baca di internet yaitu : demam tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening, dll
nah petanyaan saya dokter begini :
1. setelah saya berhubungan sex, kira-kira berapa lama waktu untuk menunjukkan gejala-gejala tersebut.
2. Apa-apa saja gejala-gejala yang nampak setelah saya berhubungan sex. jadi saya bisa membandingkan penyakit2 apa saja yang sudah pernah saya alami.
3. berdasarkan artikel internet yang saya baca, bahwa penyakit aids itu muncul setelah 5-10 tahun kemudian. nah, apakah selama 2,5 tahun ini, tanda-tanda apa kira2 kira yang bisa saya lihat untuk yang tertular virus itu.
4. karena artikel di internet itu, saya jadi tidak bisa fokus pada kerjaan saya dok.
saya malah lebih sering memperhatikan misalnya : jari kelingking saya terkena benturan, berapa lama sembuhnya ? apakah normal ?
saya juga terkena demam, batuk, pilek, biasa-biasa saja dok. 3 hari sudah langsung sembuh
5.di dalam mereplikasi virus, apakah virus-virus tersebut tidak bekerja ? misalnya menggangu kekebalan tubuh. jadi misalnya tangan saya luka, lama sembuhnya. misalnya saya terkena flu, sembuhnya juga lama ?.
6 Apakah saya berebihan menanggapi hal semacam ini dok. jujur dok, saya baru sekali melakukan hubungan sex. dan itu dengan psk. tetapi saya menggunakan kondom.
7. Apakah kita bisa melihat bagaimana ciri-ciri psk yang mempunyai virus HIV ? bagaimana ciri-ciri/ tanda-tanda psk yang terkena hiv.
saya baru mempelajari tentang HIV/AIDs kemarin dok. saya jadi ngeri sendiri kalau mengingat semuanya.
8. Apakah saya perlu cek darah ke dokter/ rumah sakit ?
9. kira-kira, apakah semua rumah sakit bisa cek virus HIV .?

itulah pertanyaan saya dok. kiranya dengan bantuan dokter meyakinkan saya bahwa saya tidak terkena virus itu, saya bisa tenang menjalani hidup ini.
terima kasih sebelumnya.

Jawaban Dokter :

selamat siang sobat, nyeri perut kanan atas bisa bermacam2 penyebabnya bisa ada gangguan pada hati, kandung empedu, saluran empedu, pankreas, nyeri diafragma. untuk mengetahui penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan dan wawancara mendetail tentang keluhan anda.