Salam bu dokter,
Istri saya seorang dokter gigi (30th), pekerja keras dalam mengobati pasiennya, sehingga sering menggunakan fokus mata yang berlebihan sewaktu bekerja.
dia sering mengeluh sakit kepala yang teramat sakit, di dalam kepalanya. selama ini dia selalu minum obat sakit kepala (neorlagin) dan sakit itu hilang, tapi selang 2 minggu sekian, (lebih kurangnya) sakit itu datang kembali, semenjak menikah dengan saya, saya larang dia minum obat seperti itu, alasannya karena menurut kesehatan itu tidak baik, yang saya takutkan jadi ketergantungan nantinya.
Apakah ini sakit kepala yang wajar bu dokter?
Suatu ketika ada fenomena yang aneh pada penglihatannya, dia melihat lapang pandangan menjadi setengah, setengahnya lagi blur/kusam seperti pandangan berkaca-kaca karena air (lapang pandang kiri). Tapi disini matanya normal, ketika dia menutup mata sebelah kiri lapang pandang nya pun setengah, setengah blur setengah normal, begitu juga sebaliknya jika dia menutup mata sebelah kanan pandangannya pun setengah. dia sudah ke dokter mata, tapi dokter mata bilang matanya sehat-sehat saja.
Kejadian ini jarang terjadi, baru terjadi hanya 3 kali, di mulai thn 2010, awal 2012, dan baru terjadi kemarin awal 2013, dan fenomena aneh ini berlansung hanya 15 menit, setelah itu normal lagi.
Pertanyaan saya adalah
Apakah fenomena penglihatan yang blur ini ada hubungannya dengan sakit kepala yang sering dia keluhkan? apakah ada hubungannya dengan pekerjaannya.
Apakah ada hubungannya dengan saraf otak, apa nama penyakit ini ya bu dokter? apakah bisa diatasi/diobati agar sakit kepalanya hilang
Atas waktu konsultasinya saya ucapkan terima kasih

Best regards
Yuliansyah

Jawaban Dokter :

Salam sehat,
Pusing bisa disebabkan oleh adanya proses dalam tengkorak (intrakranial). Proses dalam tengkorak ini banyak penyebabnya, namun jika tidak didahului trauma, biasa dikarenakan tekanan darah tinggi, migraine semata, infeksi, atau bahkan keganasan.
Dada yang sakit bisa karena tulang, otot, jantung, atau paru. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG).
Mual dan muntah bisa karena lambung (maag), atau bahkan berkaitan dengan proses intrakranial yang sedang terjadi. Muntah karena proses intrakranial biasa terjadi pagi hari, atau menyemprot (tanpa rasa mual).
Untuk gejala kejang, tahu dari mana bahwa itu adalah kejang? Lalu bagaimanakah karakteristik kejangnya? Seluruh tubuh kelojotan? Atau kaku? Hal itu bisa disebabkan karena kelainan pada gelombang otak, dan perlu dilakukan pemeriksaan elektroenselogram (EEG).
Sakit perut bagian kanan atas bisa disebabkan karena kelainan pada hati, atau pankreas. Sangat banyak penyebabnya.
Sedangkan gejala mudah lupa, adalah relatif, bisa karena organik atau mental.
Terlepas dari semua itu, bisa saja semuanya adalah psikosomatis, atau perasaan sakit yang disebabkan beban mental belaka.

Gejala yang anda deskripsikan sangat terbatas dan kurang lengkap untuk membuat saya mengira-ngira diagnosisnya. Sebaiknya anda melakukan general check up (laboratorium), dan memeriksakan diri ke dokter syaraf untuk dilakukan pemeriksaan fisis secara langsung dan lengkap dan hasil yang lebih cepat.

Semoga membantu,
Terima kasih.