selamat pagi dokter

saya ada masalah dengan kulit wajah saya yaitu bopeng akibat radang jerawat.. scar nya lebar dan cukup dalam.. saya sudah perawatan di salah satu skincare , dokter nya menyarankan saya untuk dermabrasi..
yang saya ingin tahu apakah dermabrasi cukup efektif untuk bopeng jerawat? dan hasil dari dermabrasi apakah permanen? selanjut nya apa yg terjadi pada kulit saya nanti pasca dermabrasi? dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa merasakan hasil nya?sebelum nya saya sudah sering melakukan chemical peeling,
terimakasih dokter…

Jawaban Dokter :

Halo sobat, terimakasih sudah bertanya. Tentunya terdapat ciri ciri kehamilan pada umumnya seperti tidak mens lagi, mual dipagi hari (morning sickness), sensitif pada bau bauan, lebih mudah lelah, dan lain lain. Namun memang ada gejala tambahan lainnya, gejala biasanya akan terasa pada sekitar 6 – 10 minggu usia kehamilan. Gejalanya antara lain: nyeri di salah satu sisi panggul (nyeri sekali), perdarahan vagina di luar menstruasi, nyeri di perut bagian bawah (nyeri sekali), pingsan, mual dan muntah yang lebih intens.
Pada tahap lanjut, kehamilan ektopik dapat menimbulkan gejala berikut: Nyeri perut yang intens, tensi drop,denyut nadi cepat,kulit pucat. Kalau sudah seperti ini segera periksakan ke dokter terdekat ya sobat.
Semoga bermanfaat ya sobat.