Siang Dokter!Anak sy,puteri,4th 9bln,bb 13,2kg/tb 98cm : akhir2 ini suka mengeluh pegal2 pada salah satu kaki, betis atau paha(terutama malam menjelang tidur,atau sskali tengah mlm). Kadang mmg ada aktifitas fisik spt jalan kaki, tp seringx juga hanya di rmh saja dg aktivitas yg tak seberapa. Pernah juga ia mengeluh pegal pada jari2nya (jarang). Pdhal tak ada tanda bengkak atau merah apapun. Biasanya keluhannya hny diutarakan dg nada ringan sambil senyum, tp pernah sskali sampai menangis. Satu lg, Dok, ia juga suka ngeluh gatal2 terutama di punggung dan ketiak, dan minta digaruk, biasanya menjelang mau tidur. Ini pun tanpa tanda apapun pd kulitnya.
Scara umum, ia anak yg sehat dan aktif, hny sskali kena pilek saat cuaca dingin.
Pertanyaan saya :
1. Apakah mungkin anak sy menderita rematik anak ?
2. Bgmn dg gatal2nya?Apakah itu gejala penyakit tertentu?

Jawaban Dokter :

nyut-nyutan bagian kepala belakang disebabkan oleh beberapa kondisi tergantung dari nyeri yang dirasakan. Pada nyeri kepala yang tipe berdenyut dan sering kali sampai menyebabkan mual termasuk tipe migrain. Nyeri kepala seperti diikat disebut sebagai tension type headache.
Sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang paling sering adalah stres kerja, terlalu lama tidak makan, hipertensi dan computer vision syndrome pada beberapa orang yang bekerja di depan komputer terlalu lama. Sebaiknya jika ini terjadi periksakan ke dokter ya. Supaya dapat diperiksa dan ditangani sesuai penyebab.