bulan kemarin saya mengikuti kegiatan KKN selama sebulan penuh. disana udaranya panas dan airnya tidak cocok dengan kulit. ditambah lagi setiap hari kami dimasakin oleh Ibu Dukuh dengan masakan pedas. akibatnya banyak tumbuh jerawat di wajah saya yg sensitif. sepulang KKN saya mengoleskan masker perasan jeruk nipis + madu 2 hari sekali pada malam hari. untuk seminggu ini lumayan ada hasilnya. kemudian saya googling dan menemukan vitacid yg dapat mengeluarkan seluruh jerawat yang ada dibawa kulit sekalipun. yang saya tanyakan,
1) amankah menggunakan masker jeruk nipis dan vitacid bersamaan? misalnya hari senin memakai masker jeruk nipis, hari selasa memakai vitacid 0,05, begitu bergantian… saya menggunakan Acnes Creamy Wash sebagai pencuci muka (termasuk acnes UV Tint sbg pelembab).. kira2 aman tidak?
2) ketika menggunakan vitacid, saya googling, ternyata juga harus menggunakan parasol sebagai sunblock, apabila menggunakan acnes creamy wash sbg pencuci muka, aman tidak ?
terima kasih

Jawaban Dokter :

Siang sobat,
Vitacid mengandung asam retinoid, turunan dari vit a, yang efeknya mengelupas kulit, sehingga mengurangi penyunbatan pori yang bisa menyebabkan jerawat. Digunakan bersama dengan vit c tidak ada masalah. Menggunakan sunblock merek apapun tidak masalah, namun harus diperhatikan agar yang berbahan dasar air atau gel agar tidak membuat muka semakin berminyak.