Dok, saya memiliki benjolan di leher sebelah kanan sejak 2012. Dari 2012 hingga sekarang benjolan ini hanya terasa nyeri 2 kali. Yaitu saat 2013 dan Juli 2015 kemarin. Pada 2013 saya tidak ke dokter walau nyeri karena takut, lalu nyeri itu hilang sendiri selama 3-4 hari. Dan pada Juli kmrn ini saya ke rs untuk periksa, dan dianjurkan tes fnab. Namun saya tidak melakukan tes tsb karena takut kalau benjolan ini ditusuk bisa jadi menyebar, sebab tante saya pernah mengalaminya. Benjolan di payudaranya setelah ditusuk jarum bisa tumbuh makin banyak. Dan lagi2 nyeri tsb hilang sendiri selama 3-4 hari. Kira2 apakah benjolan tsb dok?
Benjolan tsb kecil, kenyal, namun jika saatnya nyeri sedikit membesar, namun jika nyeri hilang, dia kempis lagi seperti semula. Selain itu sehari2 tdk terasa nyeri sedikitpun. Mohon bantuannya. Terimakasih banyak

Jawaban Dokter :

Sore Sobat,
Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya infeksi virus, infeksi bakteri (misalnya bakteri tuberkulosis), atau lain lain. Sebaiknya Sobat memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Jika dokter menyarankan fnab, sebaiknya SObat melakukan anjuran tersebut karena hal itu akan sangat membantu memastikan penyebab benjolan. Sobat tidak perlu takut akan menyebar, karena hal tersebut hanya mitos belaka. Semoga saran ini membantu Sobat.