halo dok, selamat sore

saya ingin sharing sekaligus konsultasi.

saya sudah 6 bulan menjadi seorang ibu, dan sudah 4 bulan meninggalkan anak saya untuk kembali beraktifitas menjadi seorang karayawan disebuah perusahaan. anak saya diasuh/dijaga oleh mama mertua saya dan adik iparnya.

awalnya, setelah melahirkan seorang putra, ASI saya keluar setiap 2 jam sekali, sangatlah banyak sehingga sampai baju saya basah karena tidak sanggup menampung ASI . saat saya mulai kembali beraktifitas, saya pun mulai pumping asi dikantor, hari pertama masuk kerja bisa 4 botol saya dapat untuk distock. tapi selang 1 bulan lebih, saya sudah tidak bisa melakukan pumping lagi dikarenakan payudara saya tidak bengkak dan asi nya tidak cukup untuk di pumping (100 ml). sampai akhirnya saya kepikiran dan mungkin bisa stress memikirkan hal ini, ditambah lagi permasalahan keluarga suami saya yang juga menyita perhatiaan saya, masalaha financial dan akhirnya ASI saya pun keluar sedikit sampai sekarang.

saya sangat terpukul sekali mengalami hal ini, saya kasian dengan anak saya yang hanya 3 bulan saja menerima ASI eksklusif dari saya. dan kadang saya suka tidak rela melihat anak saya dijaga oleh orang lain , bukanlah saya. saya takut anak saya tidak lagi mengenal saya sebagai ibu kandungnya, saya takut anak saya tidak kuat ikatan batin dengan saya. itulah hal yang menyebabkan saya terus berfikir tentang hal ini.

mohon feed back nya bebeclub careline…….

terima kasih

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
ASI juga dipengaruhi oleh stres/ psikologis. CObalah lebih rileks, dan saat di rumah sebisa mungkin susui bayi secara langsung dari payudara, karena hisapan bayi akan menstimulasi produksi ASI.  Sebaiknya Sobat memeriksakan diri secara langsung ke dokter unuk memastikannya. Semoga saran ini membantu sobat