pagi dok, saya mau minta solusi untuk penyakit ayah saya, tanggal 30 juli kemarin ayah saya dirawat karena gula darahnya tinggi sampai 490.
dan setelah check darah, ada gejala DBD juga karena trombositnya menurun sampai 32ribu, dan sekarang badannya menjadi kurus.
setelah 5 hari dirawat sudah ada kemajuan, hanya saja tekanan darahnya juga ikut naik sampai 160, 4 agustus kemarin sudah diperbolehkan rawat jalan.
saat pulang gula darahnya 280 dan trombositny sudah mencapai 64ribu, dan tekanan darahnya menjadi 150.

sampai saat ini nafsu makannya masih belum banyak, yang selalu dihabiskan sayur dan lauknya.
dan juga kondisinya saat ini masih lemas, apakah karena pengaruh dbd yang belum sembuh, atau memang karena pengaruh gula dan tekanan darah yang tinggi?

saya mau tanya:
1. apakah masih aman jika ayah saya masih mengkonsumsi nasi?
2. apakah bisa selama masa penyembuhan ini mengkonsumsi beras merah
3. makanan apa yang disarankan untuk mempercepat pemulihan gula darah dan tekanan darahnya
4. kapan sebaiknya ayah saya bisa melakukan olah raga
5. tolong info makanan yang disarankan untuk menurunkan dan menstabilkan gula darah
6. apakah ada alternatif obat lain untuk gula darah selain suntik insulin?
7. apakah ayah saya bisa pulih berat badannya dok?

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
Penyakit DBD adalah penyakit virus, yang akan membaik sendiri dalam waktu 7 hari (trombosit akan mengalami peningkatan biasanya pada hari ke 7). Oleh karena itu pengobatan yang diberikan berfokus pada menjaga asupa  cairan (lewat makanan atau infus) dan mengontrol gejala hingga virus hilang sendiri. Setelah pulang dari Rumah sakit pun badan juga masih bisa terasa lemas dan nafsu makan masih kurang selama sekitar seminggu. Sobat tidak perlu panik berlebihan mengenai gula darah tersebut, karena belum tentu hal tersebut menandakan ayah Sobat menderita diabetes.
Untuk menyebut seseorang mengalami diabetes todak cujup hanya dari gula darah sewaktu saja,apalagi di saat sedang sakit, karena kondisi sakit (seperti DBD) jugs dapat menaikkan gula darah dan tekanan darah. Saat kondisi sudah sehat pemeriksaan akan diulang debngan gula darah puasa dan 2 jam setelah makan untuk memastikan apakah ada diabetes atau tidak.Â
Jika ayah Sobat setelah pemeriksaan lanjutan pun ternyata mengidap diabetes, pemgobatan akan dimulai dari mengubah gaya hidup dulu (pola makan sehat) ataupun obat obatan yang diminum, tidak langsung insulin. Pada dasarnya tidak ada makanan yang dipantang untuk penderita diabetes, hanya jumlah porsinya dan jadwal makannya harus diatur. Ayah Sobat akan mendapat penjelasan dari bagian gizi dengan lebih detail mengenai pola makan sehat jika mengidap diabetes.
Saat kontrol kembali ke dokter penyakit dalam di RS, tanyakanlah hal-hal yang belum jelas ke dokter tersebut. Bagaimana hasil gula darah, perlu pemeriksaan lanjutan dengan gula darah puasa/2 jam setelah makan atau tidak, dan sebagainya.Selama perawatan di RS pun sebenarnya Sobat memiliki banyak kesempatab saat kunjungan dokter untuk bertanya, dan seyogianya Sobat bertanya jika ada yang belum jelas. Semoga saran ini dapat membantu Sobat