anak saya berumu 14 bulan , berat badannya 9 kg .sejak umur 4 bulan frekuensi pupnya sampai 10 hari padahal saya asi ekslusif , saya sudah cek ke dokter , kata dokter tidak ada apa-apa . Pada waktu buang air besar , warna pupnya kuning dan anak saya tidak ngeden. Saya pikir tidak ada masalah , karena asi ekslusif juga mungkin hampir 90 % makanan terserap semua.
tetapi Setelah 6 bulan sampai sekarang berumur 14 bulan , setiap kali pup selalu menangis dan pupnya itu 3 hari sekali . Padahal setiap pagi selalu saya kasih minum air hangat kurang lebih 150 cc dan setiap hari juga selalu makan buah ( seperti pepaya , buah naga , apel ) dan sayur ( seperti bayam , tahu , wortel , brokoli ). Rata-rata per hari minum air putih kurang lebih 500-600 cc. Tetapi yang saya mau tanyakan dok , mengapa setiap pup selalu menangis dan mengeden sampai berkeringat, dan pup nya itu 3 hari sekali . Padahal kalau saya lihat ,( maaf tekstur nya itu tidak keras dan bentuk nya panjang seperti orang dewasa ) . Sekedar informasi saat ini susu nya sudah saya campur dengan susu nutrilon royal 3 ( dengan takaran encer 2 sendok susu untuk 120 cc ) ..Mengapa demikian yah dok ?? Mohon jawabannya . Terimakasih

Jawaban Dokter :

Bu, sepertinya anak ibu sudah cukup baik ya makan dan minumnya. Apakah ada bakat konstipasi di keluarga bu? karena kadang menurun. ibu bisa coba dengan memberikan probiotik pada anak. Jangan khawatir karena pro biotik adalah flora normal usus bu, jadi bukan obat kimia. kadang membantu melancarkan BAB anak bu.