bagaimana cara penanganan anak yg terkena penyakit microsefalus dok, soalya badannya tambah mengecil dok>>anaknya aktif tapi blm bisa jalan dan berbicara terus tulang belakang si anak pun agak sedikit menonjol dok??????

Jawaban Dokter :

Halo Sobat,
Mikrosefalus adalah kondisi dimana ukuran lingkar kepala lebih kecil dibandingan dengan standarnya (disesuaikan dengan jenis kelamin dan umur). Mikrosefalus adalah penyakit bawaan yang dapat disebabkan oleh kelainan genetika, infeksi janin, trauma janin atau gangguan perkembangan janin lainnya. Bayi dengan kondisi ini dapat lahir dengan lingkar kepala normal atau sedikit kurang, namun lingkar kepala tidak berkembang dengan baik seiring pertumbuhan anak. Pada umumnya penderita mikrosefalus mengalami gangguan tumbuh-kembang akibat berkembangan otaknya yang terganggu.
Sampai sekarang mikrosefalus tidak dapat diobati/ disembuhkan, penanganan terbatas untuk suportif dan mengurangi gejala. Konsultasikan anak anda ke dokter spesialis anak untuk informasi yang lebih lengkap dan penanganan yang sesuai untuk anak anda. Semoga informasi ini membantu, terima kasih.