dok sya mau tanya tentang telinga saya.. awal kejadiannya setelah sya jalan2 ke daerah bukit dengan menggunakan motor dan tanpa menggunakan helm total perjalanan hingga 7jm.. setelah itu kedua telinga sya trsa penuh skali dan sakit.. saya bawa tidur dan ke esokan hari nya telinga kanan saya sudah pulih tp telinga kiri saya masih terasa penuh dan sakit.. sempat saya teteskan air dok karena fikir sayadpt keluar seperti orang tua jaman dulubilang.. namun telinga saya tak kunjung membaik.. terasa penuh berdengung dan nyeri sekali.. sempat sy bersihkan dengan cutton buth ternyata ada darahnya sedikit bercampur air.. saya sudah periksakan ke puskesmas tp belum ada perubahan.. lalu saya membeli obat tetes telinga nama nya vital dok d apotik.. namun setelah memakai obat tetes itu lalu saya bersihkan lagi dengan cutton buthternyata darah yg keluar lebih banyak dr biasanya dan keluar sedikit nanah.. dan kuping saya terasa lebih sakit dari biasanya.. apakah ini reaksi ? atau bagaimana dok..lalu apa yg sebaiknyaharus saya lakukan.. sakit ini sudah berlangsung slma 6hri..
terimakasih dok..

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
Gejala awal yang sobat rasakan dapat bersumber dari telinga tengah, karena saluran telinga tengah yang tersumbat (akibat tekanan udara yang berlebihan saat melaju berkendara). Namun, karena Sobat mengorek telinga terlalu keras,tampaknya timbul luka pada saluran telinga luar dan terinfeksi, sehingga menimbulkan penyakit baru. Pada tahap awal sebenarnya sumbatan pada telinga tengah dapat diupayakan diobati dengan manuver sederhana, seperti sering sering menguap, mengunyah ngunyah permen karet atau meniup dengan mulut/hidung tertutup (seperti mengedan). Namun, pada tahap ini Sobat mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter THT. Sebaiknya Sobat meminta rujukan dari puskesmas untuk ke poliklinik THT (penyakit untuk rujukan dapat berupa otitis media efusi atau yang lain sesuai penilaian dokter Puskesmas).
Tetes telinga tidak akan membantu gejala berdengung dan telinga terasa penuh yang sobat alami, karena gejala bersumber dari telinga tengah/dalam. Tetes telinga hanya membantu untuk luka/ infeksi di saluran telinga luar. Semoga saran ini dapat membantu Sobat.