Dokter Yth,

Saya seorang wanita berusia 25 tahun, saat ini sudah menikah selama 2 tahun dan telah memiliki seorang anak hasil pernikahan pasangan dengan istrinya yang terdahulu. Saat ini kami tengah berdiskusi mengenai program KB yang tepat bagi kami, mengingat usia pasangan saya yang sudah cukup berumur (43 tahun) dan anak kami yang telah berusia 10 tahun. Dengan mempertimbangkan usia pasangan yang sudah tidak muda lagi, serta komitmen untuk fokus membesarkan anak kami, akhirnya saya merasa mantap dan memutuskan untuk melakukan prosedur tubektomi. Namun hal ini menjadi persoalan tersendiri, karena pasangan merasa berat hati dengan keputusan tersebut, mengingat usia saya yang masih muda dan belum pernah mengandung sebelumnya. Setelah membaca cukup banyak artikel mengenai prosedur tubektomi dan vasektomi, pertanyaan saya adalah

1. Apa saja persyaratan untuk melakukan prosedur tubektomi?
2. Adakah solusi untuk kasus seperti yang saya hadapi ini?

Mohon agar diberikan saran serta penjelasan mengenai problem tersebut, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Salam.

Jawaban Dokter :

Selamat pagi ibu. saya paham dengan kondisi keluarga ibu. untuk menjawab pertanyaan ibu, syarat utama tubektomi adalah kemantapan dari ibu dan suami. Jika keduanya mantap dan ibu tidak memiliki keinginan sama sekali untuk hamil dan mengandung di masa depan, tubektomi bisa ibu diskusikan dengan dokter ibu. Saya yakin ibu sudah membaca artikel cukup banyak tentang tubektomi dan tubektomi adalah kontrasepsi mantap, dimana saat pasangan suami istri memutuskan tubektomi, keduanya sudah yakin tidak mau punya anak lagi. kegagalan tubektomi sangat kecil, dibawah 1%. untuk melakukan penyambungan kembali saluran telur yang dipotong saat tubektomi, operasi tsb bisa dilakukan tetapi angka kehamilan pasca operasi pembalikan tsb rendah, bu. pasca tubektomi, ibu dan suami tetap bisa hamil, namun, melalui prosedur bayi tabung.
Solusi terbaik yang bisa saya tawarkan pada ibu dan suami adalah berunding kembali mengenai tubektomi ini. perlu diketahui bahwa 50% pasangan yang melakukan tubektomi, menyesal telah menyetujui tubektomi dalam setahun pertama pasca operasi. jadi, dipertimbangkan baik baik sebelum nanti ada penyesalan dikemudian hari. pilihan kb cukup banyak meliputi kondom, suntik hormonal, ataupun IUD. IUD cukup praktis, diletakkan didalam rahim hanya satu kali dan dapat bertahan selama 5 tahun, ibu akan tetap haid seperti biasa, masa penyesuaian IUD biasanya 3 bulan dan setelahnya akan normal.
salam sehatÂ