Halo dok, saya mau bertanya. Saya desember nanti akan berumur 17 tahun, tetapi hingga sekarang saya tidak bisa menstruasi dengan lancar. Pernah saya menstruasi, kalau tidak salah 11 Juni tahun 2012/2013. Ada darah yang keluar di dalaman saya, dan terjadi untuk 2 hari setelahnya. Tetapi setelah itu, bahkan sampai berbulan – bulan setelahnya saya tidak pernah menstruasi lagi. Juga pernah beberapa kali hal seperti demikian terjadi, tetapi tidak lancar dan darah yang keluar juga sedikiiiiit sekali. Hanya seperti tetesan darah.

Oh iya dok, apa ini disebabkan karena obesitas? Tinggi saya sekitar 155 cm dan berat badan saya 65 kg.

Jawaban Dokter :

Malam sobat,
Secara umum Sobat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter jika Sobat sudah tidak haid >45 hari atau >90 hari, siklus terlalu pendek (<14 hari), darah haid terlalu banyak (>5 pembalut penuh per hari), durasi haid terlalu lama (>7 hari) atau siklus haid tiba tiba mengalami perubahan (misalnya tadinya teratur lalu mendadak jadi tidak teratur).
jika sobat mengalami salah satu hal tersebut di atas maka sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan untuk mencari penyebab keluhan tersebut. Penyebab bisa bermacam macam, misalnya ketidakseimbanhan hormonal, dan tidak selalu berhubungan dengan kegemukan. Semoga saran ini dapat membantu Sobat.