slamat siang,dok
sya skarang sdg hamil 2bulanan, tapi dr awal kehamilan sya mengalami mual muntah yg sangat parah, hingga sblmnya dokter kandungan sya menyarankan agar dirawat.
sekedar info, waktu anak pertama dlu sya jg merasakan mual muntah parah hingga kehamilan 9bulan, sudah dikasih obat mual tapi tetap saja mual muntah.
kehamilan kedua ini sya rasa lebih parah mual muntahnya, penciuman sya sangat sensitif…kl nyium bau2 dikit lgsg mual muntah.
yang ingin sya tanyakan :
1. apa benar kl saat hamil muntah2 kandungan janinnya kuat?
2. adakah cara lain selain obat agar tidak mual muntah terus?
3. kenapa sdh 2x hamil sya slalu begini, bahkan hingga hamil tua (ktnya kan biasanya trimester pertama saja)

terima kasih infonya…

Jawaban Dokter :

Selamat malam Ibu. Keluhannya mual muntah saat awal kehamilan memang tidak enak dan mengganggu. Sayangnya kondisi ini terjadi karena peningkatan hormon kehamilan yang memang muncul saat awal kehamilan hingga minggu ke 18-20. Namun, pada beberapa Ibu Hamil, mual muntah ini berlanjut hingga trimester dua, bahkan hingga akhir kehamilan. Belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jika mual muntah yang hebat, malah menunjukkan janin yang kuat.Â
Terkait dengan tips untuk mengatasi mual muntah selain obat, sulit jika mual muntah yang dialami sangat berat. Pada kondisi ini, obat dan infus biasanya diperlukan. Tips lainnya seperti menghindari makanan yang berbau terlalu kuat, terlalu menyengat, hindari makanan yang terlalu pedas,asam, karena hal ini memicu mual muntah Ibu. Semoga kehamilannya berjalan baik, ibu. Salam sehat