Setelah melakukan hubungan seks, saya selalu membersihkan daerah kewanitaan saya. Tapi belakangan ini daerah perineal saya sering gatal dan jika digaruk terasa perih. Di bibir vagina juga gatal dan sekarang lecet karena saya garuk. Sementara ini saya obatin menggunakan minyak tawon. Apa ada obat lain atau bagaimana cara mengatasi/menyembuhkan rasa gatal di daerah perineal dan bibir vagina? Terimakasih dok 🙂

Jawaban Dokter :

Siang Sobat,
Penyebab gatal bisa bermacam macam, antara lain infeksi jamur, peradangan, atau ketidakseimbangan flora normal dalam vagina. Untuk pengobatan secara tepat harus dilakukan oleh dokter yang memeriksa Sobat secara langsung. Obat dari dokter bisa berupa obat yang dioles (krim) ataupun obat minum. Periksakanlah diri Sobat ke dokter agar keluhan dapat ditangani dengan semestinya.
Sobat tidak dianjurkan mengoleskan benda seperti bedak atau minyak ke daerah vagina karena dapat meningkatkan kelembapan dan memudahkan infeksi oleh bakteri atau jamur. Mencuci daerah kelamin pun hanya boleh dilakukan di daerah luar (jangan mencuci vagina bagian dalam dengan sabun seperti sabun sirih, betadin atau vaginak douche lain). Untuk menjaga kebersihan daerah kelamin cukup mencuci dengan air dan sabun di bagian luar, minimal 2x sehari saat mandi dan ganti pakaian dalam minimal 12 jam sekali (atau lebih sering jika cuaca panas/ berkeringat).
semoga saran ini dapat membantu Sobat