Dok sy dan pasangan berhubungan saat lg haid dihari ke 5 ,dan kebetulan saat itu pasangan sy haid.a maju sekitar seminggu dr jadwal seharusnya, saat berhubungan keluar sprma didalam, setalah 3 hari pasangan sy mengalamai muak dan muntah hingga vertigo. . Setelah 5 hr sy lakukan test peck 2 kali hasil.a negatif, setelah 10 hari sy lakukan test urin dilab , hasil.a jg negatif, tp pasangan sy skrg mengalami berat pada payudara , apakah pasangan sy hamil dok ?

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
Jika pasangan Sobat benar sedang haid saat berhubungan, maka pasangan Sobat tidak bisa hamil, karena pada saat itu tidak ada sel telur yang bisa dibuahi dalam tubuh wanita. Namun, hubungan seksual pada saat wanita sedang haid umumnya berdampak buruk pada wanita, yaitu bisa menyebabkan infeksi pada saluran reproduksi/ dinding rahim. Hal ini disebabkan pada saat haid sedang terjadi peluruhan/ kerontokan lapisan dalam dinding rahim wanita (dengan kata lain dinding rahim sedang terluka/ berdarah), sehingga memudahkan bakteri/ kuman masuk ke dalam luka dan menyebabkan penyakit infeksi. Kulit manusia, termasuk di alat kelamin/ penis yang masuk ke dalam vagina memiliki banyak bakteri di permukaannya, sedangkan darah adalah media/ tempat pertumbuhan yang baik bagi bakteri — sehingga saat penis masuk ke dalam vagina pada hubungan seksual, hal tersebut akan membawa bakteri ke dalam saluran reproduksi dan memudahkan terjadinya infeksi. Infeksi pada saluran reproduksi wanita tersebut bisa menimbulkan gejala mulai dari ringan sampai berat, antara lain mual, muntah, nyeri perut bawah, pusing, sakit kepala, dan demam. Oleh karena itu, secara medis berhubungan intim pada saat haid tidak dianjurkan. Mungkin saja pasangan Sobat mengalami infeksi pada saluran kelamin pasca berhubungan intim, namun infeksi tersebut untungnya ringan dan sembuh sendiri dalam beberapa hari.
Rasa berat/ penuh pada payudara secara normal bisa terjadi pada wanita di masa menjelang haid, dan dapat berlangsung hingga 10 hari setelah haid selesai. Hal tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya. Jika keluhan tidak kunjung hilang, sebaiknya periksakan diri pasangan Sobat ke dokter. Semoga saran ini dapat membantu Sobat