siang dok,sy pr umur 23 thn.yg ingin sy tanya kpda dokter,kenapa ya dok di umur sy yg sudah 23 mamae sy msh sama seperti umur sy 13 thn.begitu juga dengan tinggi badan sy dok.tinggi hanya 145 kenapa tidak berkembang ya dok? apa ada ggn masalah hormon pertumbuhan ya dok? sudah hampir 3 bulan mens sy tidak datang. keluhan penyakit sy asam lambung dan alergi.apa mempengaruhi juga ya dok? dan apa perlu sy suntik hormon dok? tolong di bantu jawab ya dok.makasih dokter.

Jawaban Dokter :

 Malam Sobat,
tinggi badan antara lain dipengaruhi oleh jenis bakat/turunan yang diwariskan kedua orangtua.  Jika Sobat mengetahui tinggi badan kedua orang tua, maka Sobat dapat menghitung sendiri perkiraan tinggi badan yang normal untuk Sobat lewat kalkulator online (misalnya di website http://medcalc3000.com/HeightPotential.htm ). Umumnya, tinggi 145 cm tidak tergolong pendek untuk ras Asia. Untuk payudara, jika areola (area bulat berwarna lebih gelap yang di tengahnya terdapat puting) sudah lebih menonjol / tinggi dibandingkan kulit di sekitarnya, maka hal ini sudah dapat dikatakan sebagai pertumbuhan payudara yang normal. Yang membuat ukuran payudara tampak besar atau tidak adalah jaringan lemak, bukan kelenjar air susu, sehingga ukuran payudara tidak berpengaruh pada kemampuan menyusui jika Sobat memiliki anak. Dengan kata lain, tinggi badan (jika sesuai potensi tinggi badan orang tua) dan payudara Sobat adalah normal.
Untuk menstruasi, jika Sobat memiliki siklus yang teratur sebelumnya namun tiba tiba menjadi tidak teratur, maka Sobat perlu memeriksakan diri Sobat ke dokter. Jika haid sudah tidak ada selama lebih dari 90 hari, maka Sobat juga dianjurkan memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan mengevaluasi penyebabnya, misalnya kadar hormon yang tidak seimbang. Semoga saran ini dapat membantu Sobat.