Selamat pagi dok, saya perempuan berumur 18 tahun. Kemarin saya tes darah walaupun saya tidak ada keluhan atau sakit. Tapi hasil lab menunjukan HbsAg saya positif. Apakah dengan begitu saya otomatis terkena hepatitis? Lalu apakah hasilnya dalam beberapa hari kemuadian (sebulan mungkin) dapat berubah menjadi -? kalau bisa bagaimana caranya dok?

terima kasih sebelumnya

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
HbsAg menandakan bahwa virus Hep B ada dalam tubuh Sobat. Infeksi virus ini pada awalnya memang tidak menimbulkan gejala, sehingga sering sekali tidak disadari. Pada orang sehat yang tertular semasa dewasa, sekitar 90% dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 tahun (sehingga HbsAg negatif). Namun, jika Sobat telah tertular tanpa disadari sejak masa kanak-kanak, terutama balita, maka sebagian besar akan berlanjut menjadi penyakit kronik (HbsAg tetap positif)). Indonesia termasuk negara dengan jumlah kasus Hep B yang tinggi (5-10% dari total penduduk Indonesia mengidap Hep B), dan sepertiga kasus Hep B ditularkan dari ibu ke bayi yang dilahirkan, atau didapat oleh bayi/balita dari orang di sekitarnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan imunisasi Hepatitis B pada bayi baru lahir dan anak/remaja yang belum diimunisasi.
Sobat dianjurkan mengkonsultasikan hasil tes darah Sobat ke dokter penyakit dalam (jika memiliki BPJS mintalah rujukan dari Puskesmas untuk ke poliklinik penyakit dalam di RS setempat) untuk melihat kondisi penyakit Sobat. Sobat juga akan dites darah untuk penanda lainnya, seperti enzim hati, HbeAg, anti-HBC, anti-HBS untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai kondisi Sobat. Sementara itu, Sobat harus menjaga untuk : tidak mendonorkan darah; tidak berbagi sikat gigi atau alat cukur dengan orang lain; menutup luka/ lecet hinga sembuh; membersihkan tumpahan darah (misalnya jika menetes ke lantai saat ada luka) dengan detergen atau pemutih baju; dan menggunakan kondom saat berhubungan seksual (jika pasangan seksual belum divaksinasi Hep B).
Keluarga, pasangan seksual, dan orang yang tinggal serumah dengan Sobat juga perlu di-screening (memeriksa HbsAg), jika hasilnya negatif / belum tertular maka mereka harus vaksinasi ulang Hep B untuk meningkatkan kekebalan tubuh/ menjaga agar tidak tertular.
Semoga saran ini dapat membantu Sobat.