saya sudah mengalami rasa sakit nyeridi bagian perut sebelah kiri di bawah rusuk…saat kencing dan saat mau datang haid….saya mau tanya ini penyakit apa dok

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
Nyeri saat haid dapat terjadi pada beberapa wanita dalam siklus haid yang normal. Untuk mengurangi nyeri tersebut Sobat dapat mengompres perut dengan botol air hangat saat menjelang haid, atau minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, misalnya ibuprofen atau asam mefenamat. Namun, jika nyeri sangat hebat, misalnya hingga Sobat tidak dapat beraktivitas atau sangat mengganggu aktivitas, Sobat dianjurkan memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan, karena nyeri haid yang berlebihan dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya ketidakseimbangan hormonal, endometriosis, dan sebagainya.
Sedangkan nyeri saat Buang air kecil (BAK) dapat disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda dari nyeri haid, antara lain peradangan atau infeksi pada saluran kemih. Sobat dianjurkan menjaga kebersihan daerah kemaluan, yaitu mencuci selangkangan bagian luar (jangan mencuci vagina bagian dalam/ memakai douche vagina), mencebok setiap  habis kecing dari arah depan ke belakang (yang benar adalah mencebok dengan arah dari lubang kencing ke belakang/pantat), dan minum banyak air putih (8 gelas/ hari atau lebih). Jika keluhan nyeri saat BAK tidak membaik, sebaiknya periksakan diri Sobat ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut penyebab keluhan tersebut dan dapat ditangani dengan semestinya. Semoga saran ini dapat membantu Sobat.