anak saya perempuan usia 2 tahun 2 bulan berat badan 12,5 kg..dua minggu lalu mengalami diare dan muntah..setelah konsultasi ke dokter spesialis anak diinfomasikan oleh dokter bahwa anak saya alergi susu sapi. solusinya anak saya harus dipuasakan susu sapi selama 3 minggu dan diganti dengan susu soya. nanti setelah 3 minggu baru boleh minum susu sapi lagi dengan batas maksimal 2 gelas per hari. pertanyaan saya : pertama, apakah dengan mengkonsumsi susu soya sama baiknya dengan susu sapi (saya pernah baca dalam susu soya tidak terkandung kalsium dan vitamin D)..saat ini anak saya mengkonsumsi nutrilon soya 1 – 3 tahun? kedua, apabila 3 minggu telah berlalu sebaiknya anak saya kembali konsumsi susu sapi atau susu soya?

Jawaban Dokter :

Bu, sangat jarang tiba-tiba anak usia 2 tahun mengalami alergi susu sapi bu. Bila memang alergi umumnya dibawah 1 tahun sudah terdeteksi bahwa anak ibu alergi susu sapi. Kemungkinan besar anak ibu menderita lactosa intolerance akibat sedang diare. Ibu boleh menggunakan susu soya sementara, atau susu sapi yang free lactosa.Â
Jangan khawatir bu, susu soya juga sama baiknya dengan susu sapi. Dan walaupun ada beberapa zat yang jumlahnya sedikit dibandingkan susu sapi tetapi anak usia 2 tahun makanan utamanya adalah makanan bukan susu, jadi akan terlengkapi dari makanan. Selain itu penggunaan jangka pendek tidak akan ada bedanya menggunakan susu sapi atau pun soya.