Dok, sy mau tanya. Satu bulan lalu, sy tiba2 mengalami kedut2an di kaki kiri. Ini menyebabkan jempol kaki kiri saya bergerak2 sendiri. Setelah itu, beberapa hari setelahnya, kepala bagian kanan sy mulai terasa nyeri. rasanya seperti terbakar atau kesemutan, leher kanan juga serasa tegang terus. Beberapa hari setelahnya, tangan kanan sy seperti mengalami kelemahan. Angkat barang juga agak susah. Selain itu, di tangan kiri saya serasa seperti terbakar. Beberapa kedutan jg terjadi di tempat lain seperti di belakang telinga, di tangan kanan atau kaki kanan.

Namun setelah berobat ke dokter umum 1x dan internal 2x (sudah sekitar sebulan) kedut2annya jadi berkurang, tp kadang2 muncul lagi. dan kelemahan di tangan kanan juga sudah menghilang. Tp sakit kepala tadi tetap ada, rasa terbakar dan kesemutan tidak mau hilang, dan leher tetap terasa tegang. Begitu juga sensasi terbakar di tangan kiri tetap ada, kadang datang kadang pergi. Dan sejak minggu kemarin, bahu belakang, mulai terasa nyeri dan juga tiba2 muncul rasa kesemutan yg menjalar di punggung sebelah kanan.

Kemarin, sakit kepalanya jadi tak tertahankan, klo sy berdiri atau duduk tegak, rasanya jadi oleng, seluruh kepala dan leher serasa makin tertekan, lama2 rasanya jadi mual, apalagi klo menunduk. Klo sy paksa muntah, baru agak jadi membaik. Begitu juga klo sy berbaring, rasanya jadi lebih nyaman. Tp rasa terbakar di kepala kanan tetap ada ketika berbaring. Hanya rasa tertekannya jadi hilang. Begitu juga ketika baru bangun tidur. Rasanya sakitnya jadi agak ringan, tp makin lama waktu berlalu, siang sampai malam, sakitnya makin menjadi.

Kira2 sy menderita penyakit saraf apa? Apa ada kemungkinan sy terkena tumor otak?

Jawaban Dokter :

sobat , tdk perlu terlalu cemas karena untuk ke arah tumor otak perlu dilakukan berbagai pemeriksaan yg kompleks. sekarang sobat coba hindari stress dan baiknya konsultasikan ke dokter ahli saraf.. ada bbrp pemeriksaan yg harus dilaksanakan.. gejala seperti ini bs pada kelemahan otot karena terlalu lelah