selamat malam dok. saya M. Fikri Alamsyah. saya ingin berkonsultasi tentang ibu saya yang memang menurut saya orangnya penakut dan susah untuk meninggalkan kebiasaanya.
ceritanya begini, ibu saya awalnya tidak seperti ini, awal dari kejadian ini pas nenek saya yang tinggal serumah dengan keluarga saya meninggal dunia. nah dari situ ga tau kenapa mulai mamah saya sedikit terasa aneh, dia takut untuk ke dapur, menginjak ruangan yang dekat dengan kamar almarhum nenek saya. nah dari situ mulai terjadi perubahan hidup dari mamah saya, dan berimbas pada tata cara hidup keluarga saya yang segalanya di atur mamah saya. semua barang-barang yang berhubungan dengan mamah saya perbaotan segalanya di bawa masuk, bukan hanya itu, ruang tamu juga di sulap jadi ruangan makan, nah dari hal ini terlihat kumuh.
saya sudah menegur menasehati segalanya saya sudah lakukan, bahkan saya sampe jarang pulang kerumah karna ngelihat keadaan rumah seperti ini dan keadaan orang tua yang seperti ini. orang tua sadar apa yang dia lakukan tetapi dia tidak mau merubah kebiasaanya ini yang tiba tiba seperti ini. saya bingung harus berbuat apa. bahkan ayah saya juga sampai angkat tangan denga kelakuan mamah saya, kalo dilarang dia marah marah seperti anak kecil.

mohon bantuannya dok untuk mengatasihal ini karena saya sudah tidak tahu harus berbuat apa lagi untuk menangani ibu saya yang serti ini.
terima kasih dok. maaf jika ada salah kata ucapan dan lainnya. salam M. Fikri alamsyah

Jawaban Dokter :

Halo Fikri,
Ada kemungkinan ibu anda mengalami kondisi yang disebut gangguan penyesuaian. Penderita gangguan penyesuaian dicetuskan oleh suatu stres kehidupan yang luar biasa (contoh: kematian anggota keluarga, saudara, kerabat dekat)  yang menyebabkan reaksi stres akut. Manifestasinya dari stres tersebut dapat menggangu akitivitas kehidupan sehari-hari yang seperti dialami ibu anda. Penderita gangguan penyesuaian atau stres akut dapat membaik sendiri dengan waktu. Pada beberapa kasus yang sudah terlalu lama atau sangat mengganggu, penderita dapat bantu ditangai dengan terapi psikologis yang dilakukan oleh ahli (dokter SpKJ). Ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi gejala tersebut. Sebaiknya ajak ibu anda konsultasi ke dokter spesialis kesehatan jiwa (SpKJ / psikiatrer) untuk diagnosa dan penanganan yang tepat. Terima kasih