Dok knapa yah sya kalau memakan makanan yg mengandung protein sperti susu,daging,mie instan dll trus saya langsung olahraga atau putsal trus keringatan badan sya langsung gatal2 dan bentol2 di seluruh badan kira2 knapa yah dok..trus bagaimana cara mebgobatinya.. dan ada dokter bilang badan sya protein tinggi katanya..makasih

Jawaban Dokter :

Sore Sobat,
Keluhan tersebut dapat disebabkan karena Sobat memiliki alergi makanan, atau bisa juga karena kulit Sobat sensitif (atopi) sehingga mudah gatal ketika terkena panas/berkeringat. Bakat kulit atopi dan alergi bisa diturunkan dari keluarga, misalnya jika ada keluarga Sobat yang memiliki asma, sering bersin di pagi hari, dan mata sering berair jika terkena debu; atau bisa terlihat sedari Sobat masih kecil, seperti saat bayi/anak sering gatal/merah-merah di pipi, leher, lipat siku, lipat lutut, dan kulit cenderung kering.
Dianjurkan Sobat menghindari olahraga outdoor / di siang hari supaya tidak terlalu panas, atau mengganti jenis olahraga dengan yang tidak banyak panas/ berkeringat, misalnya berenang. Jika ada makanan yang memicu gatal-gatal Sobat, seperti telur dan lain lain, dianjurkan agar menghindari makanan tersebut.
semoga saran ini dapat membantu Sobat.