Assalamu’alaikum..
Maaf dok, saya mau bertanya. Mengapa ketika berpuasa atau sehabis sahur mulut saya terasa manis, padahal saya sudah menggosok gigi dengan benar dan berkumur berulang-ulang tetapi air liur atau mulut saya terasa manis, bahkan ketika siang hari pun terasa seperti itu. Apakah itu hal yang wajar atau itu tanda suatu penyakit? Mohon penjelasannya..
Terimakasih..

Jawaban Dokter :

Pagi Sobat,
hal tersebut dapat disebabkan oleh refluks (aliran balik) dari isi lambung yang naik kembali ke kerongkongan. Hal ini bisa disebabkan karena bakat bawaan, misalnya katup lambung Sobat (yang fungsinya mencegah isi lambung naik ke kerongkongan) kurang kuat. Keluhan ini dapat diperingan atau dicegah dengan beberapa tips, misalnya:
-. Hindari makan terlalu kenyang
-. Sebisa mungkin hindari/kurangi makanan yang bisa mencetuskan refluks: coklat, alkohol, makanan yang terlalu berlemak dan makanan pedas.
-. Hindari memakai pakaian atau celana yang ketat di bagian perut, jika memakai ikat pinggang juga jangan mengikat terlalu kencang
-. Jika ingin makan/minum di malam hari. Makanlah terakhir 2 jam sebelum tidur, dan minum terakhir 1 jam sebelum tidur agar isi lambung tidak naik saat berbaring. Saat tidur, cobalah meninggikan bantal agar posisi kepala lebih tinggi 20-30 derajat dibandingkan perut.Â
Beberapa orang lebih mudah mengalami refluks saat puasa dikarenakan asam lambung yang meningkat saat masa puasa. Jika keluhan tidak berkurang atau terasa sangat mengganggu, konsultasikanlah dengan dokter agar dapat diberikan bantuan medis lebih lanjut. Semoga saran ini dapat membantu Sobat.