Dok, tiap bulannya saya rutin haid, tp bulan ini saya suad telat 2 hari. Mudah lelah dan lelahnya berlebihan, pusing, mual dan keputihan seperti putih susu. Itu bahkan sudah terjadi sebelum saya telat haid. Tapi hasil testpack negatif. Apakah saya hamil atau tidak.
Terima kasih

Jawaban Dokter :

Selamat pagi sobat. siklus haid setiap bulannya bervariasi, siklus haid berkisar antara 21 hingga 35 hari dan bilamana ibu hanya telat 2 hari, kondisi ini masih normal. Kehamilan belum terjadi, didukung dengan tes kehamilan negatif. Terkait kondisi mudah lelah dan cukup berlebihan, keadaan ini perlu ibu nilai, apakah ibu cukup istirahat? apakah beban pekerjaan fisik berat sekali? kapan ibu terakhir kali berwisata dan menghilangkan stress pekerjaan dan hidup? dari sisi medis, lakukan pemeriksaan hemoglobin karena anemia / kurang sel darah merah dapat menyebabkan kondisi yang ibu sebutkan.
Keluhan mudah lelah, pusing, mual dan keputihan yang ibu sebutkan memang mencurigakan ke arah kehamilan, namun, tidak selalu menandakan ibu hamil. terkait keputihan seperti putih susu yang ibu alami, ada baiknya ibu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui jenis keputihan ibu. jika keputihan ibu banyak, berbau amis, putih susu, keputihan ini disebabkan karena infeksi dan membutuhkan terapi medis. salam sehat