Malam Dok, Keponakan saya berusia 11 hari, dan diagnosis ada 3 katup jantung yg masih terbuka (VSD, ASG, PDA). Dengan ciri2 tidak biru, pada saat lahir berat 2,3kg, namun setelah seminggu blm ada kenaikan berat badan. Dokter jantung yg menangani mengatakan bahwa 2minggu sekali diperiksa, jika blm menutup maka akan di operasi usia 3 bulan. Yang ingin saya tanyakan, keponakan saya menyusunya kuat dan cukup banyak tetapi kenapa berat badannya blm bertambah? Apakah orangtuanya harhs membawa dia periksa ke Pusat Jantung Harapan Kita?? Karena saya membaca banyak artikel di sana selalu berhasil dalam kasus ini. Bagaimana meminumkan obat untuk bayi usia 11hari yang selalu memuntahkan kembali obatnya? Apa yg harus dilakukan karena sejujurnya pada tingkah laku bayi sama seperti bayi pada umumnya?? Mohon informasinya Dok. Saya mengucapkan banyak terimakasih.

Jawaban Dokter :

Halo sobat,
Memang merupakan hal yang umum terjadi pada anak penderita penyakit jantung bawaan (PJB) untuk mengalami pertumbuhan yang kurang dibandingkan dengan anak tanpa PJB. Hal tersebut disebabkan oleh kebutuhan kalori yang meningkat dan nafsu / gangguan makan lainnya yang disebabkan oleh  PJB. Pada tahap awal kehidupan, bayi dengan PJB memang dapat tampak normal dan sehat seperti bayi lainnya. Hal ini dapat terjadi karena tubuh bayi masih dapat mentoleransi kelainan jantung. Gejala PJB dapat muncul atau menjadi semakin berat dengan bertambahnya usia / berat badan, karena tubuh tidak dapat lagi mengkompensasi kelainan jantung. RS Pusat Jantung Harapan Kita adalah RS rujukan jantung nasional yang memiliki beberapa ahli jantung terbaik dan fasilitas terlengkap di Indonesia. Kontrol rutin sebaiknya dilakukan di Harapan kita terutama bila sudah dianjurkan oleh dokter. Untuk kemungkinan melakukan kontrol di rumah sakit / dokter lain, sebaiknya ditanyakan langsung ke dokter yang merawat untuk mendapat rujukan yang sesuai.Â
 Informasi mengenai mengasuh anak dengan PJB dapat dibaca di: https://www.tanyadok.com/anak/mengasuh-anak-dengan-penyakit-jantung-bawaan. Semoga informasi ini membantu.