syaa mau bertanya..

Papa saya ada riwayat diabetes dan pendarahan di mata..

Jd 2 hr lalu msk igd karna brasa dari ulu hati naik sampe ke dada trus keleher trasa berat..

Skrg sudah d iccu dok..dan dokter yg menangani bilang kalo hrs di suntik agar penyumbatan darah di jantung bisa lancar..namun resiko ny bs pendarahan di mata dan jika tdk suntik bisa resiko ke jantung..

Namun yg saya bngung sejak msk iccu tidak ad ct scan atau echo utk melihat penyumbatanny ad dimana..dan hanya dilakukan ekg dan hasilny baik..

Jadi ap hrsnya yang dilakukan terlebih dahulu utk mengetahui penyunbatan dimana.

Thank u..

Jawaban Dokter :

Siang Sobat,
Dari keterangan Sobat, dapat dilihat bahwa Sobat tidak terlalu memahami keterangan dari dokter yang merawat ayah Sobat. Saya tidak dapat memberikan keterangan pasti karena bukan merupakan dokter yang menangani langsung ayah Sobat. Beberapa informasi yang mungkin Sobat butuhkan mungkin sebagai berikut:
1. ICCU merupakan ruang rawat intensif khusus jantung, sehingga ayah Sobat mungkin telah mengalami serangan jantung, sehingga ditempatkan di ruangan tersebut. Serangan jantung (disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah jantung) dapat diketahui dari pemeriksaan rekam jantung/ EKG dan pemeriksaan darah (enzim jantung); tidak memerlukan pemeriksaan ct scan maupun echo.
oleh karena itu, sebaiknya Sobat tanyakan secara jelas pada dokter yang menangani ayah Sobat, apa penyakit beliau
2. Pada penanganan serangan jantung (jika memang itu penyakitnya), Istilah disuntik yang dipergunakan oleh dokter dapat memiliki 2 arti:
-. Dokter berencana memberikan suntikan/infus obat untuk memecahkan bekuan darah (salah satu komponen yang membuat sumbatan pembuluh darah koroner jantung), yang memang memiliki efek samping meningkatkan risiko perdarahan jika ada bagian pembuluh tubuh yang rapuh (misalnya mata).
-. Dokter berencana memasang ring/stent/balon untuk melebarkan pembuluh darah koroner jantung (agar tidak tersumbat). Untuk melakukan hal ini, terlebih dahulu dokter harus menyuntikkan zat yang disebut kontras ke pembuluh darah untuk melihat bagian pembuluh darah mana yang tersumbat dan seberapa besar sumbatannya. Penyuntikan zat kontras dan pemasangan ring/stent merupakan 1 rangkaian operasi sekaligus (tidak dapat dipisahkan, misalnya hari ini suntik kontras saja, besok pasang ring) dan semuanya dilakukan dalam ruang operasi. Pada pasien yang telah mengalami diabetes cukup lama sehingga fungsi ginjalnya terganggu, dokter akan menghitung zat kontras dengan hati-hati karena jika berlebihan dapat menambah beban pada ginjal.
Sangat disarankan agar Sobat dan keluarga dekat (misalnya ibu Sobat) menanyakan dan mendiskusikan apa penyakit ayah Sobat dan rencana penanganannya. Kemudian menimbang keuntungan dan kerugian masing masing tindakan (misalnya, keuntungan suntikan obat pengencer bekuan darah bisa melepaskan sumbatan sehingga dapat menyelamatkan nyawa ayah Sobat, namun kerugiannya bisa memperparah gangguan penglihatan akibat perdarahan retina mata).Â
Semoga saran ini dapat membantu Sobat.