Dokter, saya mempunyai keluhan seputar benjolan di area kepala. benjolan tersebut kadang hilang dan kadang muncul. munculnya tidak selalu di area yang sama. misalkan kadang muncul di kepala bagian belakang, kadang di kepala bagian depan atau samping. saat ditekan akan terasa pusing yang gliyengan. bentuknya bulat dan berwarna agak kemerahan, seperti jerawat. yang ingin saya ketahui benjolan tersebut apa, penyebab dan cara mengatasinya. terima kasih atas perhatian dan jawabannya.

Jawaban Dokter :

Hi Selamat Pagi
Sebesar apalah benjolan di kepalanya?apakah seperti jerawat?
Jika ya,maka benjolan yg terdapat di kepala biasanya disebabkan oleh kelnjar minyak yg ada di kepala,sehingga menimbulkan jerawat,sama seperti di kulit wajah,dan rasa nyeri yg timbul dapat disebabkan jerawat yg timbul sdh bertambah lebih besar dan timbul nanah.
 Untuk mengatasi jerawat di kulit kepala adalah rajin keramas terutama jika sering menggunakan penutup kepala atau memiliki tipe kulit kepala berminyak, sampo yang mengandung asam salisilat dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit kepala.
Untuk mencegah munculnya jerawat di kulit kepala dapat dilakukan dengan rajin keramas, mengurangi makanan berlemak dan menghindari stres.Â
Jika jerawat tidak merespon dgn solusi yang diatas atau sudah pada tahap parah yang ditandai dengan luasnya area peradangan dan banyaknya jerawat, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter krn jerawat yang sudah tahap parah dapat menyebabkan kerontokan rambut. Trms.