Halo dok,
Orang tua saya divonis dokter kanker payudara stadium 1, dengan keluhan sakit pinggang dan susah untuk di gerakan (efek dari payudara tersebut) dan batuk yang luar biasa.
namun sudah di tangani oleh dokter spesialis onkologi, berikut kronologis nya:
-11 April 2015 dilakukan biopsi dengan cara motong sel kankernya sebagai sampel.
setelah biopsi orang tua saya diperbolehkan rawat jalan.
-25 April 2015 hasilnya keluar dan dokter memvonis kanker tersebut stadium 1. (masih rawat jalan)
-4 Mei 2015 orang tua saya merasa kesakitan yang lebih dari sebelumnya, sampai harus menjalani perawatan di rumah sakit kembali.
-6 Mei 2015 dokter spesialis paru menyatakan bahwa sel kanker tersebut telah menyebar paru-parunya, dan dinyatakan sudah tidak ada harapan.
-8 mei 2015 tim dokter yang menangani orang tua saya berunding untuk melakukan kemo yang dilakukan 25 mei 2015.

hal yang ingin saya tanyakan:
1. apakah masih tergolong wajar dok waktu yang dibutuhkan oleh tim medis dari kronologis diatas untuk mengambil tindakan?
2. apakah memungkinkan apabila pengobatan orang tua saya di pindah ke tempat lain? keluarga khawtir kalau pengobatan tersebut di pindah akan membuat progress pengobatan tersebut harus di ulang lagi dari awal dan justru memakan waktu lebih lama.

terima kasih dok

Jawaban Dokter :

Halo Franklin,
Tergantung dari orang tubuh yang terlibat, perkembangan kanker ganas berlangsung secara bertahap dengan kecepatan yang berbeda – beda. Perkembangan kanker payudara dari stadium awal mencapai akhir pada umumnya memakan waktu beberapa bulan hingga tahun. Agar mencegah informasi yang simpang-siur dan mendapat informasi yang lebih tepat pasti mengenai kondisi orang tua anda – perlu dikonsultasikan secara langsung ke tim dokter yang merawat.Â
Kendala dalam memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke yang lain akan bergantung dari kondisi kesehatan pasien secara umum dan pengobatan yang sedang dijalani. Contoh: pasien yang sedang menjalani perawatan intensif di ICU sudah direncanakan operasi dalam waktu dekat tentu tidak disarankan untuk pindah tempat perawatan. Bila hal tersebut tidak menjadi masalah, pemindahan tempat perawatan tidak akan terlalu berkendala, berhubung data dan riwayat perawatan pengobatan dari rumah sakit asal dapat dengan mudah ditransfer/ kirim ke tim dokter yang merawat dirumah sakit yang baru. Pastikan anda sudah konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu ke dokter yang sedang merawat orang tua anda dan meminta untuk menyediakan fasilitas dan segala keperluan rujukan ke rumah sakit lain. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.