Selamat pagi Dok,

Jadi begini. Kemarin saya melakukan check up ke lab sebagai persyaratan kerja. Hasilnya hampir semuanya normal, kecuali pada foto thorax PA, tertulis :
-Cor : normal
-Sinus dan diaphragma : kedua sinus phrenico costalis baik
-Pulmo : Fibrotik dextra atas
-Kesan : Curiga KP lama, kesan tidak aktif

Saya tidak merasakan gejala apapun, batuk juga tidak. Saya lalu langsung ke dokter spesialis paru, dan katanya ini bekas infeksi paru dulu. Padahal saya dulu tidak pernah dirawat karena penyakit yg berhubungan paru. Dari hasil cek darah, LED, dll, dokter juga tidak menemukan kelainan. Disimpulkan saya tidak terdapat kelainan dan tidak memerlukan pengobatan, serta dari hasil lab disimpulkan tidak ada infeksi paru.

Pertanyaan saya apakah bekas ini bisa hilang? Bisakah kambuh lg? Saya juga diberi antibiotik augmentin (amoxicilin & clavulanic acid) untuk 4 hari. Tapi apakah antibiotik ini dapat menghilangkan bekasnya? Saya khawatir bekas ini dapat menggagalkan peluang diterima kerja saya. Adakah tips2 dari dokter mungkin?

Terima kasih banyak dok, mohon bantuannya.

Salam.

Jawaban Dokter :

Hi Sobat.
Bekas TBC pada paru tdk bs hilang,sehingga minimbulkan scar, saat ini hasil rongsen anda sudah tidak  bs menularkan ke orang lain. Untuk kekambuhan mgkn bs saja kambuh di kemudian hari jika anda tdk memperhatikan gizi ,gaya hidup,dan ventilasi  atau pencahayaan dirmh.