assalamualaikum wr wb, selamat malam dok ,
Saya, perempuan 17 tahun.
Dok saya mau bertanya , akhir2 ini mama saya sering mengkonsumsi jus kulit manggis . Apakah itu akan berefek untuk mama saya ?
Sebenarnya mama saya juga tidak memiliki keluhan apapun hanya saja ia rajin mengkonsumsi jus tersebut .
Yang saya tanyakan :
Apakah jus kulit manggis memiliki efek samping ?
Berapakah kadar yang baik dalam mengkonsumsi jus kulit manggis ?
Sebaiknya berapa hari sekali atau berapa waktu sekali kah harus mengkonsumsi jus kulit buah manggis ?
Bagaimana cara menekan resiko dari efek jus kulit manggis tersebut ?
Apakah aman apabila dikonsumsi berkepanjangan ?

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada dokter yang berkenan menjawab perihal pertanyaan saya mengenai jus kulit manggis .
Assalamualikum wr wb

Jawaban Dokter :

Halo Agustin,
Daging buah manggis mengandung kadar vitamin yang cukup tinggi, termasuk vitamin C, yang menyehatkan bila dikonsumnsi secara rutin dalam jumlah yang wajar. Belum ada studi khusus yang mempelajari kandungan kulit manggis beserta kandungan nutrisi didalamnya. Sehingga khasiat kulit manggis belum dapat ditentukan secara pasti. Begitu pula tidak ada anjuran konsumsi khusus; untuk waktu dan jumlah buah yang paling dieal untuk dikonsumsi oleh seseorang.
Manggis sudah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif yang dipercayai dapat mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan efektivitas tersebut berasal bbrp zat yang terkandung spt alfa-, beta- , gamma-mangostin yang secara koletif disebut dengan xanthone. Beberapa penelitian menunjukan efek anti-kanker zat tersebut berasal dari kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan multiplikasi sel kanker. Zat tersebut juga ditemukan dapat memperbanyak bbrp jenis sel darah putih, yang merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh utama.
Namun perlu diketahui sobat, sampai sekarang manggis tetap dikenal sebagai suplemen makanan atau pengobatan alternatif. Belum ada bukti ilmiah cukup yang dapat mendukung penggunaan manggis sebagai obat untuk penyakit apa pun.
Jagalah kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang lengkap dengan gizi seimbang, olahraga teratur dan istirahat yang cukup setiap harinya. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.