Salam sejahtera dokter, saya seorang wanita, 20 tahun, memiliki benjolan-benjolan di leher, berupa:
– 1 benjolan sebesar kelereng di samping kanan jakun (sudah ada sejak SD, kata orangtua dulu gondok/gondongan, tidak dibawa ke dokter)
– 1 benjolan sebesar kelereng di bawah rahang kiri
– 3 benjolan sebesar kacang, di leher kanan belakang, di leer kiri, dan di bawah benjolan pertama
Keseluruhan benjolan sifatnya keras, dapat digerakkan, tidak sakit, kalau ditekan sekeliling benjolan agak nyeri (mungkin karena ditekan saja)

Yang ingin saya tanyakan dokter, benjolan-benjolan ini sebenarnya kelenjar atau bukan? Kalaupun kelenjar, namanya apa? Dan apakah berbahaya? Saya akan sangat mengapresiaisi apabila pertanyaan ini dijawab, Terimakasih atas perhatiannya 🙂

Jawaban Dokter :

MAlam Sobat,
Berdasarkan cerita Sobat, benjolan-benjolan tersebut kemungkinan merupakan kelenjar getah bening leher. Kelenjar getah bening leher merupakan muara aliran dari berbagai organ di kepala dan leher seperti rongga mulut, tenggorokan, kerongkongan, gondok, bahkan selaput paru / paru. Oleh karena itu, semua kelainan baik di kelenjar itu sendiri ataupun dari organ-organ muaranya dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening, antara lain peradangan, infeksi, tumor, dan lain-lain. Infeksi atau peradangan biasa yang menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening umumnya akan mengecil atau hilang dalam waktu 2 minggu. Jika kelenjar bertambah besar, atau tidak mengecil dalam waktu 2 minggu, sangat disarankan agar Sobat memeriksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebab pasti benjolan tersebut. Pemeriksaan oleh dokter dapat meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, dan jika diperlukan dapat diminta pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah atau pengambilan sedikit sampel dari benjolan untuk dikirim ke laboratorium. Semoga saran ini dapat membantu Sobat.