Anak saya namanya Felicia usia 5 bln 3 minggu, beratnya 7,5kg.
Saya sudah seminggu ini berikan MPASI. Menunya per 2 hari. Hari 1-2 Puree Alpukat. Hari 3-4 Puree Wortel. Hari 5-6 Puree Pepaya. Hari 7 ini saya berikan Puree Kabocha.
Yg jadi pertanyaan saya..apakah menu yg saya berikan itu sudah tepat diawal pemberian MPASI? Lalu saya bingung menentukan menu selanjutnya..saya baru menyusun menu utk 8 hari atau sampai besok saja. Mohon sarannya dok..

Jawaban Dokter :

Pemberian MP ASI dapat diberikan mulai usia 4-6 bulan tergantung pada perkembangan dan respon anak. namun banyak yang menganut pandangan untuk memberikan MPASI setelah anak berusia 6 bulan. Bila sudah diberikan selama 1 minggu dan anak dapat menerima dengan baik, maka dapat dilanjutkan. pemberian MPASI yang ideal adalah dengan memberikan 1 jenis makanan baru selama 3-4 hari berturut-turut agar kita dapat mengetahui respon bayi terhadap makanan tersebut. jadi sebaiknya ibu tidak cepat2 memberi menu baru setelah 2 hari. perhatikan gejala kembung, konstipasi, atau diare serta tanda2 alergi.
tidak ada panduan khusus mengenai jenis makanan apa yang baik diberikan pertama kali. dapat dari sayur, buah, maupun grains / cereal. yang harus diperhatikan adalah ibu harus tetap memberikan ASI. di awal pengenalan MPASI. pemberian MPASI disarankan dengan konsistensi puree cair (dapat dicairkan dengan ASI), dengan porsi 1-3 sendok makan, dan berikan 1x sehari lebih dulu. untuk usia anak ibu, ASI masih merupakan sumber nutrisi utama.
makanan yang harus dihindari di awal pengenalan MPASI adalah madu, kacang-kacangan, buah yang asam, jagung, telur, makanan laut karena berpotensi mengganggu saluran cerna dan menimbulkan alergi.
semoga dapat menjawab pertanyaan ibu