Selamat Pagi Dok,

Saya ibu dengan usia 28 tahun dan bekerja. Saya memiliki anak yang saat ini usianya 3,5 bulan. Saat usia 2,5 bulan anak saya kuning, saya periksakan ke dokter dan dokter menyarankan untuk ambil darah untuk mengetahui kadar bilirubinnya, lalu USG dan kulltur urine. Untuk hasilnya, bilirubin direknya = 4.68, bilirubin indireknya = 1.76, SGOT = 111, SGPT = 36. Untuk kultur urinenya ditemukan ESBL nya positif. Dan sudah sempat dirawat di RS selama seminggu untuk mengobati ESBL nya.
Setelah ESBL nya negatif, walaupun sampai sekarang anak saya masih minum obat untuk pemecah bilirubinnya dan kuningnya sudah hilang, tetapi kadar bilirubinnya masih tinggi dan Gamma GT nya juga makin tinggi.
Akhirnya dokter menyarankan ke saya sebagai ibu nya untuk ambil darah untuk pemeriksaan CMV, ternyata nilai CMV IgG postif 27.0 dan IgM Negatif. Dan anak saya juga disuruh untuk ambil darah untuk pemeriksaan CMV dan nilainya CMV IgG Positif 33.0 dan IgM Positif 0.10.
Anak saya aktif sekali, minum susu nya banyak, untuk penglihatan dan pendengaran bagus, sudah bisa diajak ngobrol, sudah tengkurap sendiri (saat usia 2,5 bulan).
Yang saya mau tanyakan, pengobatan seperti apa yang akan diberikan kepada anak saya dan bagaimana saya sebagai orang tua untuk menjaga anak saya agar virus tersebut tidak berkembang secara cepat. DIkarenakan sekarang dari keluarga suami saya, sudah mewanti-wanti saya untuk semua harus steril, tidak boleh diajak keluar / pergi, tidak boleh capek. Dan apakah saya dan suami juga perlu pengobatan? Dan jika saya mau hamil lagi bagaimana? Dan apakah yang akan terjadi saat dia sudah remaja / dewasa?
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

selamat siabgKadar IgM (Imunoglobulin M) menandakan adanya antibodi dalam tubuh anda yang melindungi tubuh anda dari kondisi infeksi SAAT INI (infeksi yang sedang berlangsung), sedangkan IgG (imunoglobulin G) menandakan adanya antibodi dalam tubuh terhadap infeksi MASA LAMPAU (infeksi yang sudah lewat).
Jadi bila kadar IgM anti CMV anda negatif, berarti anda SAAT INI TIDAK
menderita infeksi virus cytomegalovirus.
Dan, kadar IgG anti CMV yang positif, berarti anda PERNAH terkena infeksi virus tersebut di masa lalu dan saat ini malah memberikan anda dan bayi anda PROTEKSI terhadap virus cytomegalovirus.
untuk keterangan lebih lanjut mengenai CMV, Bacalaj artikel berikut
http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/igm-cmv-bayi-saya-berubah-dari-negatif-menjadi-positif-bahayakah