assalamualaikum, yth dokter .
Saya perempuan berusia 17 tahun saya memiliki masalah yang berhubungan dengan organ kewanitaan .
Tahun lalu saya mengalami keputihan yang tidak normal dengan gejala keputihan berwarna putih susu, gatal, dan berbau. Segala pengobatan sudah saya coba sampai akhirnya saya ke dokter dan diperiksa menurut dokter saya mengalami keputihan yg disebabkan oleh bakteri dll . Saya diberikan obat yang berupa sediaan supositoria untuk vagina atau ovula . Setelah menggunakan obat tersebut perlahan kembali normal namun saya menggunakan obat tersebut tidak sampai habis . Belakangan ini saya kembali mengalami keputihan namun dengan gejala yang sedikig berbeda saya mengalami keputihan berwarna putih susu, tidak gatal, dan tidak terlalu menyengat .
Selain itu beberapa bulan kebelakang haid saya sering mengalami telat dan tidak tepat pada waktunya . Saat ini saya sedang haid namun sudah telat hampir seminggu lebih .
Yang saya tanyakan kepada dokter ,
Bagaimana cara mengatasi keputihan saya ?
Apakah obat sediaan supositoria vagina/ovula itu berpengaruh dengan selaput keperawanan dll ?
apakah dengan haid yang seperti ini berpengaruh besar ?
Apa ada resiko besar dengan semua yang saya alami ?

Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih kepada dokter yang berkenan menjawab pertanyaan seputar keluhan saya dan bersedia berbagi solusi kepada saya .
Assalamualaikum wr wb

Jawaban Dokter :

selamat sore
keputihan dapat dicegah dengan memperbaiki kebersihan organ intim seperti membersihkan setelah berkemih dan mengeringkannya,
untuk menstruasi banyak sekali penyebab keterlambatannya bisa karena stress, kelelahan ataupun obesitas.
resiko besarnya resiko besar apa ya sobat? bisa dijelaskan lebih detail?
terima kasih