Anak sy usia 4bulan, BB 6,5kg
Anak saya di vonis dokter alergi susu sapi, dg alasan semua ciri2 alergi ada pada anak saya. Akhirnya saya ganti susu formula khusus untuk alergi susu sapi.
Karena penasaran, sy ke prodia melakukan tes alergi thdp anak saya. Hasilnya anak sy negatif dari alergi susu dan alergi debu. Dg nilai takhsiran 0,10 dari nilai normal 0,35. Prtanyaan saya, saya harus bgmana ya? Apa lanjut dg susu alergi atau ganti susu formula biasa?

Jawaban Dokter :

test alergi hasilnya tidak 100% akurat bu. Diagnosis pasti alergi susu sapi adalah dengan eliminasi dan challenge. Tetapi tentunya hasil test alergi dapat membantu menuntun kita. Selain itu, alergi susu sapi ada 2 tipe, tipe cepat dan tipe lambat. yang dapat ditest di lab adalah yang tipe cepat karena diperantarai IgE maka ibu dapat cek di prodia IgE rast terhadap suatu jenis alergen.Â
SAran saya, sementara coba pantangkan anak dari susu sapi dan produknya selama 1 bulan. bila gejala menghilang dan kemudian bulan berikutnya dimulai susu sapi kembali lalu gejalanya muncul kembali, maka positif anak ibu alergi susu sapi. bila sudah dipantang susu sapi selama 2 minggu lalu gejalanya tetap ada, berarti bukan alergi susu sapi tetapi mungkin alergi hal lain bu.