Anak usia 3th. sering mimisan tapi tanpa demam, tidak pernah terjadi trauma hidung, tidak sedang pilek juga. Apakah berbahaya, dok? Bagaimana cara mengatasinya supaya tidak mimisan lagi?

kronologisnya seperti ini:
– Minggu 26 Maret 2015 jam 02.00 anak saya mengalami mimisan. Saya tangani dengan mengompres hidung (krn tidak ada daun sirih)
– Rabu 29 Maret 2015 jam 03.00 anak saya kembali mengalami mimisan *agak banyak dr sebelumnya* penanganan saya pun msh sama, hingga mimisan berhenti. Lalu kembali mimisan pukul 04.30 tp hanya sedikit.
-Rabu 29 Maret 2015 saya ke dokter spesialis anak. anak saya melakukan tes darah, dan hasilnya dinyatakan normal tidak ada kondisi yg tidak baik. lalu anak saya hanya dikasih obat (obat pemberhenti mimisannya) dan vitamin c yg harus diminum 1×1.
– Anak saya minum obat dari 29 Maret-3 Mei 2015 dan tidak mengalami mimisan selama minum obat.
– 4 Mei 2015 tidak mengalami mimisan walau sudah tidak minum obat. hanya vitamin c saja.
– 5 Mei 2015 jam 02.00 kembali mengalami mimisan
saya sudah mencoba mematikan ac, krn katanya perubahan suhu yg terlalu dingin bisa menyebabkan mimisan. Minum dingin pun jarang.
kira-kira kenapa, ya, dok?
berbahayakah?
dan apa yang harus saya lakukan?

Jawaban Dokter :

selamat siang sobat. mimisan pada saat demam. seringkali terjadi. hal tersebut wajar krn pembuluh darah di hidung mudah pecah terutama saat panas. coba saat terjadi mimisan tengadahkan kepala ke atas agar mimisan berhenti. terima kasih.