Saya sering pegal pegal dok, rasanya lengan seperti sobek. Urat urat tangan ngilu. Dan juga dibagian jempol tangan kiri sering kesemutan
Dan juga leher saya selalu pegal setiap bangun tidur, kaku lehernya.
Dan juga hampir setiap malam punggung saya nyeri, sangat pegal sampai ke leher. Biasanya nyeri dibagian kanan dan kiri antara pundak dan leher. Lalu kaki saya juga pernah nyeri seperti ini, dari mulai paha sampai betis. Sakit nya sangat, seperti ada yang sobek didalam. Padahal saya masih umur 14 tahun dok, tapi dulu saya pernah rutin renang selama 3 tahun lalu berhenti. Apa karena itu ya dok saya seperti ini?

Jawaban Dokter :

 Halo Fika,
Keluhan yang sobat alami dapat disebabkan oleh gangguan pada otot dan/ atau saraf perifer. Penyebab yang paling umum adalah cedera atau postur tubuh yang tidak benar pada saat bekerja maupun beristirahat. Contohnya posisi duduk/ bekerja yang tidak ergonomis; posisi leher bungkuk atau mendongak, posisi tangan yang tidak ideal saat menggunakan keyboard/ mouse, pada saat istirahat; ranjang yang tidak ideal sehingga tidak menyokong tubuh dengan baik pada saat tidur, bantal yang terlalu keras. Bila setelah memperhatikan semua hal tersebut namun keluhan yang dialami memberat/ tidak membaik (anggota gerak tubuh terus melemah, nyeri, kesemutan yang lama atau tidak dapat digerakan), segera periksakan diri anda ke dokter untuk pemeriksaan lengkap. Berhubunga hal tersebut menandakan kemungkinan adanya penyakit yang lebih serius.