mmaf dok,mau tanya,bagaimana penanggulangan eritroblastosis fetalis pada anak ke 2,makasih dok

Jawaban Dokter :

selamat siang
Untuk meminimalisasi bahaya eritroblastosis fetalis, hendaknya dilakukan pemantauan sejak dini. Apabila ada potensi inkompatibilitas pada golongan darah ibu dan anak, misalnya ibu dengan Rh-negatif dengan suami yang Rh-positif, sebaiknya dilakukan pemantauan berkala antibodi yang terbentuk dalam darah ibu. Bila memungkinkan dapat dilakukan amniosintesis ataupun pengambilan darah janin dari umbilical cord sehingga golongan darah janin dapat diketahui. USG juga dapat menjadi alternatif pemantauan untuk mendeteksi adanya hidrop fetalis. Apabila ada tanda bahaya dan kehamilan telah berusia 32-34 minggu hendaknya kehamilan segera diakhiri dengan segera melakukan proses kelahiran.

Untuk kehamilan kedua dari ibu yang janinnya mengalami eritroblastosis fetalis pada kehamilan pertama, hendaknya berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Untuk mencegah timbul erythroblastosis fetalis pada bayi adalah dengan pemberian Human anti-D globulin (RhoGAM) pada masa kehamilan 28-32 minggu dan pada saat persalinan (72 jam sebelum persalinan) akan menurunkan resiko erythroblastosis fetalis menjadi 1%. Tetapi tingkat keberhasilan ini harus didukung dengan perawatan antenatal yang baik, deteksi dini penyakit dan persalinan yang minimal tindakan invasive pada ibu.

Bacalah artikel berikut mengenai eritroblastosis fetalis: http://www.tanyadok.com/anak/erythroblastosis-fetalis-pertentangan-darah-antara-ibu-dan-janin, http://www.tanyadok.com/anak/mengenai-eritroblastosis-fetalis
Terima kasih