Saya perempuan, 17 tahun. Bb 53, tb 156. Punya riwayat cacar api, ringworm ringan (tidak numpuk), dan biang keringat.
Sekitar 6 bulan lalu saya pakai lulur sepertinya sudah kadaluarsa. Tidak ada efek apa pun. Lalu saya shaving di area lengan dan menyebabkan iritasi, gatal spt biang keringat. Saya menggunakan dettol cair antiseptik untuk mandi (ke seluruh badan). Tapi tidak tahu kenapa, setelahnya banyak bercak putih muncul di tangan saya. Bercak ini tidak beraturan, menyebar, dan tidak jelas batasnya. Warnanya juga tidak terlalu mencolok, sulit dibedakan mana bercak dan kulit normal. Saya abaikan itu karna saya pikir itu adalah kurap yang sembuh karna tidak gatal, tidak bersisik, dan tidak timbul.
Dua minggu kebelakang saya menggunakan sabun muka jf sulfur jerawat untuk biang keringat di tangan saya. Sialnya saya lupa kalau dI tangan saya masih ada satu kurap meski kecil. Sabun tersebut saya gunakan juga ke muka. Dan 3 hari lalu muka saya mulai gatal. Meski tidak bentol atau kulit timbul ketika digaruk, saya bari sadar ada bercak putih juga di pipi saya yang bekas jerawat numpuk (break out gitu dulu). Bercak ini sedikit lebih jelas karena muka saya lebih hitam dari tangan. Setahu saya, dari dulu pakai krim dokter memang bekas jerawat di muka saya lebih putih dari kulit asli karena pemakaian pemutih untuk penyamar bekas jerawat. Tapi yang skrg lebih luas. Di dagu, sudut bibir. Beda dengan bercak putih di area lainnya, bercak di muka ini gatal dan berasa panas ketika digaruk. Saya berasumsi bahwa gatal ini akibat kulit berminyak saya berubah menjadi kering akibat pemakaian jf sulfur. Tapi saya rada takut juga kalau kurap atau panu. Saya punya fotonya. Kira-kira ini panu, kurap, atauhanya hipopigmentasi pasca inflamasi ya? Soalnya seluruh tubuh, tidak rata atau menggomplok putihnya, namun hanya gatal di area muka. Terimakasih.

Jawaban Dokter :

Malam sobat. Memang dari gejala yang anda ceritakan menjadi tidak khas untuk penyakit jamur. Karena pada jamur yang khas adalah gatal yang sangat intens, terutama bila sedang berkeringat. Namun perlu dilihat juga bahwa anda juga mengaplikasikan berbagai macam sabun dan krim yang bisa menghilangkan gejala yang biasa dari infeksi jamur. Sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kulit sebelum anda menambah krim lain pada kulit anda. Semoga bermanfaat.