Dok, anak saya sudah berumur 18 bulan dan sudah divaksin sampai DTP 3, tetapi belum pernah mendapatkan vaksin HIB sebelumnya. Sekarang saya mau beri vaksin HIB, tetapi saya bingung mau vaksin di Dokter Anak atau di Posyandu.
Waktu saya tanya ke dokter anak, katanya nanti anak saya akan diberikan vaksin DTP 4+HIB lalu dilanjutkan dengan dua kali vaksin HIB.
Sedangkan waktu saya tanya ke posyandu, nanti anak saya akan diberikan vaksin Pentabio satu kali saja.
Bila vaksin yg diberikan oleh dokter anak tersebut memiliki manfaat yg sama dengan vaksin yg diberikan oleh posyandu, saya lebih memilih ke posyandu karena biayanya lebih murah.
Pertanyaan saya yaitu apakah vaksin yg diberikan oleh dokter anak memiliki manfaat sama dengan vaksin yg diberikan oleh posyandu? Manakah yg lebih baik & efektif untuk anak saya?
Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
Vaksin Pentabio merupakan vaksin kombinasi yang didalamnya terdapat vaksin DPT-HB-HiB. Maksud dokter anak dan bidan tersebut sudah benar, yaitu jika anak Sobat diberikan PentaBio, bidan memikirkan dosis vaksin DPT yang terdapat di dalamnya, yaitu cukup 4 kali saja (3x sebelum usia 1 tahun dan 1x saat usia 18-24 bulan, kemudian diulang lagi saat usia Sekolah Dasar). Sedangkan dokter Anak memikirkan dosis vaksin HiB yang optimal diberikan sebanyak 3x, sehingga dokter anak menganjurkan untuk diberikan vaksin HiB secara terpisah/tersendiri, agar anak Sobat tidak mendapatkan kelebihan vaksin DPT yang sudah 4x. Secara teori, belum ada laporan efek samping yang terjadi jika anak kelebihan mendapat vaksin DPT, sehingga bisa saja Sobat memakai vaksin PentaBio dari posyandu untuk VaksinHiB sisanya. Namun, standar pelayanan Posyandu/ Puskesmas sendiri memiliki jadwal waktu yang cukup ketat mengenai rentang usia kapan boleh diberikan vaksin dan kapan tidak (hal ini dilakukan demi efisiensi jumlah vaksin dalam Posyandu, karena jumlahnya terbatas dan didapat dari subsidi pemerintah). Konsultasikan masalah ini ke bidan/ dokter di Puskesmas agar dapat dicari jalan keluar yang terbaik bagi Sobat.
Semoga saran ini dapat membantu Sobat.