selamat siang dok
saya berumur 19 tahun tinggi 162.5 cm dan berat badan 72 kg
saya mau tanya dok
1) setelah saya ukur saat saya ereksi , penis saya hanya 8 cm
hasil itu saya yakin dengan cara mengukur yang benar
2)buah zakar saya sekarang sering sakit , seperti habis terkena tendangan
padahal sebelumnya tidak pernah terjadi apa2
3)setiap saya bangun pagi , penis saya tidak ereksi dok
tolong dok mnta saranya , saya sangat stres memikirkan hal ini
tolong ya dook , terima kasih

Jawaban Dokter :

Malam Sobat,
Dari hasil tinggi / berat badan Sobat bisa didapatkan bahwa berat badan Sobat sedikit berlebih. Jika terdapat penumpukan lemak pada perut (terutama perut bagian bawah), batang penis dapat terkubur (melesak) ke dalam lapisan lemak tersebut, sehingga ukuran penis tampak lebih kecil. Untuk mengukur secara tepat, lapisan lemak di kulit sekitar batang penis harus ditekan terlebih dahulu (hingga teraba tulang pubis yang keras di bawah kulit) agar penis yang terkubur dapat terlihat, kemudian baru diukur. Jika Sobat telah mengukur secara benar, panjang 8 cm masih termasuk dalam batas normal. Secara medis, ukuran penis yang kecil (mikropenis) didefinisikan sebagai panjang penis saat ereksi kurang dari 7 cm.
Ereksi pagi hari yang normal pada pria sangat bervariasi mulai dari kualitas ereksi (sangat keras hingga tidak terlalu keras) sampai lama ereksi. Penurunan jumlah/kualitas ereksi dapat disebabkan oleh penyebab psikologis/ stres ataupun penyebab biologis/fisik, misalnya penyakit kencing manis/ gula darah tinggi, ketidakseimbangan hormon, dan lain-lain. Jika hal ini terasa mengganggu Sobat, sebaiknya periksakan diri Sobat ke dokter yang berkompeten dalam hal tersebut (misalnya dokter spesialis urologi) agar dapat diketahui penyebab keluhan Sobat.
Nyeri pada buah zakar dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain peradangan, infeksi (biasanya infeksi bakteri yang menjalar dari saluran kemih), testis terpuntir (torsio testis) dan lain-lain. Jika nyeri tidak kunjung hilang, atau dirasakan nyeri bertambah /mengganggu aktivitas, segera periksakan diri ke dokter / dokter urologi agar dapat diketahui penyebab nyeri buah zakar yang dialami sobat.
Semoga saran ini dapat membantu SObat.