sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban dokter Marrisa, pada pertanyaan awal.

saat saya mengetahui muntah lendir tersebut bercampur darah tersebut saya langsung membawanya ke dokter anak. secara kasat mata si kecil tidak terlihat seperti sedang sakit (lemas dsb layaknya orang sakit) dan saya ceritakan gejala tersebut kepada dokter dan hasil diagnosa awal si kecil alergi susu formula, karenanya saat ini masih dalam proses observasi apakah memang karena faktor sufor tersebut.
mungkinkah batuk pilek tersebut dipengaruhi sufor?
adakah ciri lain yang dapat menguatkan bahwa si kecil alergi sufor? selama ini saat ia minum sufor tidak selahap ia minum asi yang tlah di botol.
sampai di usia berapakah alergi tersebut akan hilang?
normalkah hal tersebut?
bagaimana untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil dengan kondisi asi yang kurang? seberapa banyak si kecil membutuhkan asi dalam sehari bagi bayi usia 9 bulan.

atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Jawaban Dokter :

Bisa saja bu alergi susu sapi bila ada muntah darah, tetapi bila anak sedang batuk pilek masih mungkin anak muntah ada lendir dan darahnya karena iritasi dari saluran pernapasan saja.Â
Tetapi memang benar salah satu gejala dari alergi susu sapi bisa dalam bentuk muntah darah. Karena saya tidak periksa langsung, kita setuju dengan dokter anak yang memeriksa anak ibu ya. Jadi anak ibu didiagnosis alergi susu sapi. Ciri lain dari alergi susu sapi tipe lambat adalah BAB darah. Kalau alergi susu sapi tipe cepat, muncul kemerahan, kembung, muntah, dll.
80% anak pada usia 1 tahun sudah hilang bu alergi susu sapinya, 90% hilang di usia 2 tahun. Bila anak ibu didiagnosis alergi susu sapi, maka gunakan susu formula dengan extensively hydrolyzed atau gunakan susu soya bila anak tidak suka rasanya. Ibu harus menghindarkan juga semua produk makanan yang mengandung susu sapi seperti keju, fla puding, coklat, biskuit, dll.Â
untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, berikan makanan yang seimbang dan susu khusus dalam jumlah yang cukup. ASI diberikan sesuai keinginan bayi, diluar jam makan bayi ya bu.