Dok, mohon pencerahannya. Saya Adi, umur 21th. Keluhan saya begini, Hidung saya sebelah kanan selalu saja mampet dan sulit untuk bernafas. Rasanya seperti sedang flu dan sesak nafas namun sebenarnya tidak. Hal ini sudah berlangsung sekitar 1 tahunan, saya tidak ingat pasti. Tak ada gejala lain, hanya saja stamina untuk berolah raga jadi lebih sedikit sekitar 10-15 menit saja lalu saya sudah kehabisan nafas. Apa lagi untuk olahraga yang membutuhkan lari seperti futsal atau basket untuk bermain 10 menit saja sudah tak sanggup dan saya bukan seorang perokok. Kira-kira apa yg terjadi ya dok? Terimakasih

Jawaban Dokter :

Sdr. Adi.. terima kasih sudah bertanya.
Sebelumnya dapat mendiagnosis, ada beberapa hal yg perlu diketahui mengenai keluhan Sdr., seperti apakah keluhannya terjadi setiap hari, ditempat yg sama, saat apa mampetnya, apa mampetnya terjadi saat posisi tertentu, ada hal2/kkegiatan yg mencetuskan apa tidak, riwayat mimisan, riwayat trauma dsb… dan yg penting juga adalah pemeriksaan fisik oleh dokter.
Ada beberapa penyakit yg bisa menyebabkan keluhan hidung mampet sebelah spt yg Sdr. alami seperti rhinitis alergi / vasomotor, yg biasanya terjadi saat pagi hari saat udara dingin; atau adanya massa seperti polip hidung; atau septum hidung yg bengkok. Sehingga untuk memastikannya, saya sarankan Sdr. untuk mengunjungi dokter THT.