anak laki2 usia 1th 10bln bb 9kg. Panas tinggi, diare dan sempat kejang sudah dirawat 4hari di Rs tetapi pasca dirawat kembali panas diperiksa di Rs berbeda didiagnosis Radang tenggorokan, 4 hari masih tetap panas (tanpa batpil) kembali diperiksa di rs pertama dan cek darah lengkap hasilnya trombosit bagus dan types negatif diduga terkena infeksi paru2 karena bb kurang dan disuruh mantuk.
Apakah gejala infeksi paru2 itu panas tinggi? Apa sebenarnya penyakit anak saya?mohon pencerahannya ya dokter. Terimakasih

Jawaban Dokter :

bu, saat ini sedang banyak yang sakit seperti anak ibu. Gejalanya hanya demam, sakit kepala, tidak ada batuk pilek, tidak ada diare. Bisa disertai kejang. Saya tidak memeriksa anak ibu, dan tidak melihat hasil labnya secara kronologis. Tetapi dari cerita ibu, dan gejala hanya panas saja serta sudah diberikan antibiotik tetap tidak turun panasnya, kemungkinan anak ibu terkena infeksi virus tidak spesifik atau disebut viral infection. Bila memang demikian, sabar, tunggu dahulu. Umumnya 2-3 minggu akan sembuh sendiri bu. obat panas tentunya tetap diminumkan saat anak panas. Untuk antibiotik dan lainnya tergantung dari dokter yang memeriksa langsung.
bila 1 bulan dari sekarang masih panas juga, saya baru sarankan untuk mantoux test bu. mantoux itu untuk melihat infeksi TBC pada anak bu. Gejalanya bisa bermacam-macam tetapi umumnya pada anak adalah BB sulit naik, dan curiga adanya kontak TBC dilingkungan sekitar.